Selasa, 03 Mei 2011

Kaji Ulang UN 2011


Prediksi Badan Nasional Standardisasi Pendidikan tentang keberhasilan kiatnya dalam memberlangsungkan UN 2010 – 2011, untuk jenjang SMP dan SMA ‘tanpa tindak kecurangan” hingga hari ini masih harus dikaji ulang. Meski kiat lembaga ini sudah cukup jitu dengan menyelenggarakan UN dalam variasi soal sebanyak 5 paket, yaitu Paket A, B, C , D dan E terhadap semua bahan ajar yang di-UN-kan, untuk kedua jenjang sekolah tersebut. Kiat tersebut memang mampu menjamin peserta didik tidak berkutik untuk bekerjasama dengan lainnya. Dengan demikian apakah kiat ini memamng telah mampu mengusung pemberlangsungan UN seperti yang kita harapkan.

Sembari menunggu hasil akhir capaian UN untuk anak anak kita, sebaiknya BNSP menggelar evaluasi serupa yang ditujukan semata mata untuk mengukur kemampuan mereka secara murni, bukan kemampuan yang dicampuri pihak pihak tertentu yang semata mata hanya ingin meluluskan peserta didik. Evaluasi kaji ulang ini tidak membutuhkan biaya yang relative besar, karena bisa dilakukan secara acak per sekolah, kota dan propinsi. Tentu saja soal evaluasi ini dijamin tidak bocor, karena pengadaan dan pendistribusianya tidak serumit soal UN. Dengan gelaran evaluasi kaji ulang ini, BNSP cukup mengumpulkan beberapa ratus peserta didik untuk beberapa kota tertentu yang dapat mewakili daya serap bahan ajar peserta didik secara nasional, tanpa mengurangi kecermatan dalam survey kejujuran UN tahun 2011.

Tentu saja waktu pemberlangsungan evaluasi kaji ulang ini berkisar antara waktu sebelum atau sesudah pengumuman UN dalam toleransi waktu yang tidak lama. Dari hasil evaluasi kaji ulang inilah BNSP mampu mencermati kemampuan rata rata peserta didik yang lulus UN. Apabila rataan nilai UN murni (tanpa dikontribusi rataan nilai rapot semester 3, 4 dan 5 serta nilai Ujian Akhir Sekolah/Madasah Berstandar Nasional) sangat jauh berbeda dengan nilai “evaluasi kaji ulang “ , tentu saja BNSP segera mengganti kiat 2011 ini dengan kiat yang lebih mampu menjamin kemurnian UN.

Langkah ini perlu dilakukan secara emergency, karena berdasarkan laporan banyak media penyelenggaraan UN 2010 silam masih banyak ditemukan kecurangan, yang dapat merusak moralitas generasi muda tanpa kita sadari bersama. Semua pihak yang berkecimpung di bidang pendidikan nampaknya telah dihipnotis pada tujuan tujuan jangka pendek (meluluskan peserta didik) tanpa memandang langkah jauh ke depan demi penyelamatan anak bangsa agar terhindar dari dekadensi moral. Apabila oknum generasi /pemimpin sekarang telah banyak bergelimang dengan korupsi, penyalahgunaan wewenang, membelakangkan nasionalisme dan patriotisme, apakah penyakit moral ini akan ditularkan lebih dalam lagi kepada anak anak kita sendiri.

Padahal telah banyak contoh bangsa dan Negara lain, yang dapat kita jadikan pembelajaran. Mereka dahulu mengalami keterpurukan multidimensional (Jerman yang kalah perang PD I dan PD II, Jepang yang terhempas juga dengan kekalahan di PD II ) tetapi mereka kini menjadi bangsa dan Negara yang terdepan dalam capaian segala bentuk teknologi, karena keseriusan dalam pembenahan pendidikan. Apa jadinya kita bila langkah peningkatan kompetensi peserta didik melalui UN banyak tindakan perusakan “jati diri bangsa” sejak UAN tahun 2003, yang mulai diterapkan standar minimal sebesar 3,01 sebagai syarat peserta didik untuk lulus, kemudian dilanjutkan tahun 2004 dengan nilai standar 4,01. Tahun 2005 sistim UAN diganti dengan UN, yang mencantumkan peryaratan standardisasi kelulusan sebesar 4,56 hingga sekarang UN 2011 dengan standardisasi 5,50, tetapi memiliki specifikasi 5 type soal.

Hal yang paling urgent untuk kita cermati, adalah menurut laporan multimedia yang menemukan kecurangan dalam pelaksanaan UAN sejak tahun 2003 hingga tahun 2010, sehingga praktis pencurangan ini telah berjalan 7 tahun, tanpa bisa dikikis hingga tuntas. Tentunya hal ini bisa menimbulkan krisis moral bagi generasi peserta UN bila mereka menapaki tongkat estafet dalam memimpin bangsa ini.

Oleh karena itu sudah saatnya BNSP. Disdikpora dan Kementrian Agama untuk meyingsingkan lengan dalam menghadapi pencurangan UN, minimal dengan kiat memberlangsungkan “evaluasi kaji ulang” secara acak seperti wacana di atas. Sehingga pencangan 5 type soal bagi peserta UN betul betuk berhasil guna, tetapi bila dengan 5 paket soal masih ditemukan kejanggalan, maka BNSP segera memprogramkan 20 type soal untuk 20 peserta didik dalam satu ruangan berserta dengan standar prosedur lainnnya yang perlu dikaji ulang lagi.

Selasa, 05 April 2011

Glasier Dan Pemanasan Global


Glasier berasal dari Bahasa Latin, glacia. Glasier (Ing: Glacier) adalah sekumpulan masa es yang terbentuk selama bertahun tahun dan mampu bergerak sangat perlahan, baik bergerak sepanjang bidang kemiringan pegunungan es, kemudian membentuk lembah glasiers atau bergerak perlahan menjauh dan meluas dari tempat pengumpulan es dan membentuk benua es.

Hingga kini banyak pihak yang mencemaskan dampak pemanasan global yang terjadi pada glasier, sebab dampak tersebut akan berhubungan dengan naiknya permukaan air laut bumi. Kekhawatiran ini akhirnya melatar belakangi sebuah penelitian tentang bagaimana kawasan di Antartika tertutup lapisan es, seperti yang dilaporkan The Journal Science, 2011. Survey data penelitian ini, dikumpulkan dari kawasan tengah Benua Es Antartika (White Continent ) guna menunujukan bagaimana air membeku di dasar lapisan es raksasa.Tempat pembekuan ini terletak jauh di kedalaman ratusan meter, diperkirakan mencapai ½ dari kolom es di Antartika

Menurut Prof. Robin Bell dari Universitas Columbia penelitian tersebut mencengangkan semua ilmuwan sejak mereka mengadakan pengumpulan data. Karena data tersebut mampu menggambarkan bagaimana lapisan es meluas dan bergerak dan secara perlahan dan mampu melahirkan gagasan peneliti, tentang bagaimana nantinya Antartika berubah karena pengaruh pemanasan global. Observasi ini merupakan kelanjutan dari ekspedisi musim kemarau tahun 2008-2009 silam.

Pada penelitian tersebut, ilmuwan menggunakan peralatan yang difungsikan untuk mendapatkan data terbaru dan menempatkan dengan hati hati pada puncak setiap lapisan es. Peralatan tersebut mencakup radar untuk mengamati semua kedalaman kolom es, berapa banyak lapisan es dan posisi lapisan batu.

Survey tersebut berhasil mengamati bagaimana aliran air mampu melalui lembah lembah Antartika. Diketahui dengan seksama pula bahwa lapisan es tumbuh dari atas ke bawah, dan menempati permukaan yang terbentuk dengan kompak selama ribuan tahun dan dari bagian dasar ini mampu berkembang membesar karena pengumpulan lapisan es.
Bagian Glasier yang disebut “Sub-Glacial Water” dibentuk dari massa air yang ada di dasar lapisan, penyebab terjadinya lapisan ini karena tekanan dari lapisan es atau bisa juga karena kontak dengan lapisan yang hangat dari lapisan batu ( bedrock.)
Tetapi jika air memaksa lembah antartika dengan tekanan yang lebh rendah sehingga menjauh dari lapisan batu, maka air tersebut berubah menjadi es dan membentuk lapisan es yang menebal. Data survey lebih lanjut fenomena Sub-glacial water menyusun 24 % dari semua lapisan, yang berketinggian 4,2 km, dan di beberapa tempat fenomena refreeze ini mendekati setengah dari kolom lapisan es. Dengan demikian pada bagian bawah lapisan ini terbentuk lapisan es yang lebih cepat dan lapisan berikutnya terkumpul menjadi lapisan atasnya. Lapisan air pada dasar bisa juga berperan sebagai pelumas untuk pergerakan lapisan es.

Dari pengamatan tersebut kita sekarang tahu bahwa lapisan air dalam lapisan es diketahui berlangsung lama, dan diestimasikan sejak tahuan 1960-an.

Namun demikian apa yang terjadi dengan glasier glasier tersebut, setelah pemanasan global telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa pencairan gunung- gunung Glacier diketahui telah mencair lebih cepat 350 tahun dibanding dengan waktu yamg seharusnya. Penemuan ini dikemukakan oleh peneliti dari Universities Aberystwyth, Exeter dan Stockholm, yang mempelajari pencairan Glaciers dalam rentang waktu yang lama.
Dalam penelitian tersebut mereka juga memetakan 270 glaciers terbesar yang terbentang dari Chili dan Argentina , studi tersebut berhasil membuktikan bahwa rata rata glacier mencair 10 – 100 kali lebih cepat dari biasanya, dalam waktu 30 tahun ini.

Kecepatan mencair ini berbanding lurus dengan derajat pemanasan global yang terjadi di laut. Hasil penelitian ini diberitakan di “the journal Nature Geoscience”. Penelitian tersebut dilakukan dengan pengamatan yang difokuskan di bagian utara dan selatan lapisan es Pentagonian, dengan menggunakan pengamatan jarak jauh melalui hasil gambar satelit Upsala terlihat bahwa Glacier di Patagonia, telah menipis 13 km sejak tahun 1750. Fenomena ini juga terjadi di Andes, sebuah pegunungan yang membatasi Argentina dan Chili.

Lapisan Glaciers membentang 200 km di sebelah utara dan menutupi luas wilayah 4.200 km 2 dan disebelah selatan membentang 350 km, menutupi wilayah seluas 13.000 km 2 . Glaciers yang mengalami perubahan poisisi adalah di daerah yang disebut dengan "Little Ice Age". Suatu kawasan yang ditunjukan dengan kasus glasier yang banyak mengalami proses pencairan sejak tahun 1940-an, hal ini disebabkan perubahan suhu dingin karena pemanasan global, fenomena ini banyak ditemukan di Glasiers Alpin, dan banyak berlangsung antara tahun 1950 – 1985 menurut sebuah penelitian lainnya. Akibat perubahan iklim maka glasier menjadi tersebar dan membesar. Pencairan lebih cepat ini terjadi di sekitar waktu tahun 1870 di lapisan es utara dan tahun 1650 di bagian selatan.

Menurut sebuah laporan, glacier di Amerika Selatan telah terbentang lebih luas, sebelum peneliti memetakan luasnya glaciers. Sekaligus peneliti tersebut berhasil melakukan kalkulasi yang menunjukan bahwa glaciers mencair lebih cepat, karena pemanasan global di lautan.

Selasa, 22 Maret 2011

Autis SahabatKU


Autism adalah penyimpangan perilaku yang dimulai pada anak berumur 21/2 tahun. Penderita Autis sebagian besar adalah anak yang berpenampilan normal, tetapi dalam keseharianya terlihat berperilaku aneh dan membingungkan, yang secara nyata berbeda dengan anak anak lainnya.

Setidak tidaknya anak ini harus didiagnosa dengan metoda Pervasive Developmental Disorder (PDD) atau dengan Asperger's Syndrome (untuk anak yang mampu berbicara tetapi memiliki perilaku autistic social).

Terapi seperti tersebut di atas berguna agar kita mampu menerima anak ini. Bukankah ini sebuah kabar baik bahwa terdapat pilihan terapi yang luas dan dapat menolong kita. Beberapa upaya pertolongan mampu meringankan beban anak ini, dan untuk anak lainnya hanya mampu sebagian berkembang positif, tetapi upaya itu setidak tidaknya perlu dilakukan oleo orang tua dalam hal penanganan biomedical. Perlu diketahui bahwa telah ad 25.000 orang tua di dunia yang membuahkan hasil secara efektif dalam menggunakan metoda tersebut untuk penanganan putra putranya.

ARI's Diagnostic Checklist , metoda ini dikembangkan oleh Dr. Bernard Rimland untuk mediagnosa anak yang mengalami gejala Kanner ( Kanner's syndrome ), sebuah metoda yang disebut dengan 'classical autism'. Banyak orang tua dan pendidik professional yag menggunakan E-2 checklist, untuk membantu diagnosa autis berskala menyimpang atau autism spectrum disorder (ASD).

Jumlah Penderita Autis ? Untuk beberapa decade autis terhitung masih jarang, hanya ada sejumlah 5 dari 10.000 anak. Tetapi mulai decade 1990-an autis meluas hingga 60 dari 10.000 anak dan anak laki laki lebih banyak proporsinya.

Penampilan Autis? Usia saat penanganan Autis ini mempengaruhi penderita secara khusus, semakin awal anak ini ditangani semakin baik untuk melakukan prognosis. Beberapa tahun kemudian, lebih baik diperlakukan dalam sekolah khusus dan tempat bermain (aktifitas sehari-hari) dalam suasana yang diatur sedemikian rupa. Oleh karena itu sebagian besar penderita autis diperlakukan sedemikian rupa sehingga mereka mampu berkomunikasi dengan social disekelilingnya.

Senin, 21 Maret 2011

Protein Sel Otak Penyebab AUTIS


Dewasa ini para ilmuwan dari Duke University in North Carolina berhasil menunjukan adanya protein tunggal dalam sel otak, yang menyebabkan autis pada tahap gangguan efektifitas komnunikasi. Team ini telah melakukan uji coba dengan menggunakan tikus yang mengalami mutasi gen yang mengontrol produksi protein. Protein tersebuk kemudian dinamakan SHANK3

Tikus tersebut mengalami masalah social dengan komunitasnya, dan bersikap pendiam tidak nampak interaksi dengan kelompoknya, kedua sinyalemen tersebut adalah tanda tandfa yang dialami oleh penderita autis. Dengan penemuan ini paling tidak kita mengetahui cara kita dalam menyembuhkan penyakit autis. Autis adalah penyimpangan dengan tingkat yang bervariasi, yang secara umum berhubungan dengan kemampuan anak anak melaklukan komunikasi dan interaksi social.


Sedangkan hingga sekarang peranan sejumlah gen yang memiliki link dengan autis, temasuk juga kombinasi generiknya, biokimia serta factor lingkunganlainya belum berhasil ditemukan. Shank3 ditemukan dalam bagian otak yang disebut synapses - adalah bagian diantara sel sel otak (neuron) yang mengatur komunikasi social organisma.

Dengan penemuan tersebut sekaligus kita mampu mengetahui ketelitian jaringan otak yang mengontrol sikap yang menyimpang tersebut. Sementara itu Dr Guoping Feng dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil menganalisa otak hewan dan menemukan rangkaian otak antara cortex dan striatum. Hubungan antar kedua bagian tersebut bertanggung jawab terhadap perilaku dan komunikasi social pada organisma.
Peneliti Shank3 menyatakan bahwa mereka meneliti Shank3 hanya untuk mengetahui peranan protein tersebut dalam mengontrol se,ua perilaku social organisma.(BBC News, 21 Maret 2011)

Minggu, 20 Maret 2011

Sabtu, 19 Maret 2011

Kelak Bumipun Akan Kita Tinggalkan



Benarkah manusia semakin merasakan kenyamanan hidup di tengah abad yang serba berkemas capaian teknologi tinggi tanpa resiko yang ,mengancam eksistensi kita sendiri. Seperti halnya pemanfaatan nuklir untuk berbagai sendi kehidupan, seperti pembangkit tenaga listrik, militer dan lain sebagainya. Ancaman eksistensi manusia itu diawali dengan dampak kecerobohan manusia terhadap pemanfaat unsure radioaktif, tak terkendalinya zat buang penyebab rumah kaca dan polutan lainnya.

Polutan yang akhir akhir ini menjadi sorotan para ilmuwan dan pencinta lingkungan adalah polusi radioaktif. Polusi Radioaktif didefinisikan sebagai pelepasan partikel radioaktif yang berenergi tinggi ke air, udara atau ke bumi, yag disebabkan oleh aktifitas manusia. Sumber sumber zat polutan tersebut bisa berasal dari : 1. Uji coba senjata nuklir, 2. Penggunaan bahan bakar nuklir, yang didalamnya terdapat siklus pengadaan (penambangan unsur radioaktif), pemisahan dan produksi materi nuklir pada sistim nuklir sebagai sumber enerji 3. Kebocoran pada pusat tenaga nuklir, seperti yang terjadi di Jepang Fukushima Daichii akhir akhir ini, Chernobyl dan Three Miles Island Amerikam 1979. Menteri Kesehatan Jepang Yojo Komiyama, mengatakan anggota tim teknisi di PLTN tersebut menghadapi radiasi radioaktif lima kali lebih tinggi dari ambang batas, yakni 250 millisieverts. Para akademisi dan ahli nuklir menyatakan krisis yang terjadi di Fukushima jauh lebih besar ketimbang yang terjadi di Three Mile Island tahun 1979.

Efek radioaktif yang mengkontaminasi tubuh organisma hidup bisa berakibat demikian seriusnya, salah satunya adalah efek biologis ( kanker dan penyakit kronis) yang berkesinambungan. Hal ini karena kontaminasi radioaktif bisa berlangsung hingga berabad abad. Hal ini diperparah lagi dengan capaian teknologi manusia yang mampu menukil unsur radioaktif murni yang berasal dari unsure alam. Problem utama yang mampu mengancam eksistensi species manusia di muka bumi ini, adalah belum mampunya kita meredamkan effek radiasi ini. Pada gilirannya nanti, justru bumilah yang menjadi korban super egonya kita sendiri dan kehilangan daya dukungnya sebagai penyangga sumber daya alam dan hayati.

• Planet Sebagai Tempat Tinggal Alternanif

Untuk itulah manusia (Negara Negara beriptek canggih) mencoba terus melakukan ekspedisi untuk mensiasati keramahan planet selain bumi di sistim tata surya kita. Contohnya adalah aktifitas The European Space Agency (ESA) yang telah menyeleksi 4 misi baru untuk berkompetensi pada rencana peluncuran pesawat ruang angkasa yang akan dimulai tahun 2020 nanti. Misi misi tersebut diutamakan untuk aspek yang luas, seperti penelitian lubang hitam, sampel asteroid, studi tentang orbit planet dan bintang bintang yang jauh.


Nama nama untuk rencana penjelajahan tersebut telah disiapkan, antara lain - Loft, STE-Quest, MarcoPolo-R, dan Echo – Nama kode misi bisa berubah setelah mereka terpilih dari seleksi. Menurut Fabio Favata direktur Esa's Science Planning and Community Coordination Office, kantornya telah menerima 47 proposal. Konsep misi misi tersebut bersama sama dengan peneliti dari luar Eropa, yaitu :
Large Observatory For X-ray Timing (Loft): Merencanakan misi setelah pergerakan menuju black hole dan meneliti lingkungan berenerji tinggi di sekitar black hole, yang kaya akan neutron dari bintang dan pulsar, keduanya adalah materi yang dapat menghasilkan berkas sinar X. Dengan penelitian emisi ini, ilmuwan dapat menjawab petanyaan berhubungan dengan fisika fundamental, mereka juga dapat mengungkapkan efek bila materi memasuki mean gravitasi yang kuat. Mereka juga dapat mengukur lebih akurat massa dan pusingan black holes. Black hole inilah yang disepakati sebagai obyek terbesar di jagad raya.

Space-Time Explorer and Quantum Equivalence Principle Space Test (STE-Quest): Misi ini bertujuab mempelajari obyek obyek fisika. Salah satu dari konsep di atas perlu di uji dengan "the equivalence principle", yang menjadi penunjang asumsi fundamental, termasuk pendapat bahwa gravitasi dapat mempercepat semua objek dalam ruang vakum, meski objek objek tersebut belainan masanya. Dave Scott astronot Apollo 15 pernah endemonstrasikan masalah tersebut diatas , ketika dia menjatuhkan sebuah palu dengan bulu di bulan pada tahun 1971.

MarcoPolo-R: Misi yang diprogramkan adalah mengambil sampel asteroid dan mengembalikan ke bumi, tetapi tidak ntuk asteroid yang telah lama terbentuk (primitive asteroid). Hal ini karena pada hampir semua asteroid purba mengandung geochemistry yang tidak bisa dianalisa di bumi. Asteroid mampu dijadikan referansi tentang kondisi awal terbentuknya Tata Surya (Solar System), serta materi awal sebagai bahan pembentuk planet milyaran tahun lalu. Salah satu asteroid yang menjadi sasaran Marco Polo adalah (175706) 1996FG3. Ukuran batu ini mencapai diameter maksimal 1,5 km.

Exoplanet Characterisation Observatory (Echo): Proyek ini menggunakan teleskop 1,2 m diameternya yang digunakan untuk mempelajari planet yang jauh dari matahari. Planet planet terseut disebut dengan eksoplanet. Hingga kini kita belum tahu informasi planet tersebut. Kejasama antara AS dan Negara Negara Eropa tentang penjelajahan ke planet MARS telah ditangguhkan, sesuai dengan permintaan pemerintah AS yang mengajukan keberatan pendanaan. Swpweti diketaui, bahwa mereka berdua sepakat untuk mengirimkan 2 kendaraan penjelajah ke Panet Merah tersebut pada tahun 2018. Meski Negara Eropa telah selesai merancang kendaraan penjelajah tersebut.
Menurut laporan US National Research Council dengan besar dana yang dianggarkan sebesar 3,5 juta dolar AS dinilai cukup tinggi. Padahal mereka telah memasuki tahap penjelajahan planet planet, namun dengan demikian program ini ditunda sampai batas yang belum diketahui. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk memodifikasi atau memastikan dengan dana yang dianggarkan, sesuai dengan situasi pentingnya misi penjelajahan tersebut.

.Nampaknya kesepakatan tersebut belum menemukan sesuatu yang diharapkan bersaman tetapi di satu sisi Nasa dan Esa mereka memiliki kepentingan untuk menjelejahi dan mendaratkan kendaraan mereka di Mars. Mereka memiliki keyakinan adanya misi Mars dengan biaya 2,5 juta Dol;lar AS.

• Penelitian Batuan Benda Angkasa

Professor Squyres, dari Cornell University, telah melaporkan kerja timnya yang dinamakan Vision and Voyages for Planetary Science in the Decade 2013-2022 pada Lunar and Planetary Science Conference (LPSC) in the Woodlands, Texas pada Bulan Maret tahun ini.

Meskipun mereka hanya mengajukan rekomendasi tentang kepentingan luas dari program AS planetary science community dan memberikan konsultasi tehnik pada program NASA. Terutama ambisi NASA dan Esa untuk mengambil contoh batu di Mars dan dipelajari di bumi, Sehingga program tersebut di atas bakal diintensifkan dan direalisasikan tahun 2018. Sementara itu program ExoMars (kendaraan robot Mars) Eropa, diutamakan pada penjelajahan permukaan Mars untuk meneliti kemungkinan adanya kehidupan. Mereka juga melakukan uji coba kendaraan robot penjelajah buatan Amerika (Max-C), yang bertugas menhambil batu Mars

Ide untuk membawa . ExoMars dan Max-C dalam satu roket untuk bersama mmelakukan pendaratan di Mars, harus disesuaikan keadaan AS dalam ruang lingkup peninjuan kembali proyek ini. Permohonan peninjuaan ini digagas oleh Kongres AS untuk mengurangi dana proyek iniuntuk 5 – 6 tahun mendatang.
• Stasiun Ruang Angkasa Internasional
Pesawat ruang angkasa milik Sovyet Soyuz telah melakukan docking (merapat) dengan Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station ), paada tanggal 17 Desember 2010 silam. Pesawat tersebut membawa tiga personil laboratorium angkasa. Soyuz diluncurkan dari Kazakhstan pada Hari Rabu 17 Desember 2010 yang diawaki Wednesday Catherine Coleman dari AS, Dmitry Kondratyev dari Rusia dan Paolo Nespoli dari Italia. Docking berlangsung di ketinggian 355 km di atas West Africa.
Dua astronot Rusia dan satu dari Amerika telah terlebih dahulu menempati ISS, sehingga sekarang kesemua awak Soyuz tersebut berjumlah 6 astronot. Setelah th 2011, telah disepakati bersama hanya Soyuz, yang bisa mengangkut krew ke ISS.
• Mencari Isyarat Kehidupan di Benda Angkasa

Ilmuwan hingga naskah ini disusun belum menemukan bukti yang kuat tentang dugaan pegunungan es yang ada di Titan Bulan Terbesar Planet Saturnus, demikian laporan BBC News seksi iptek. Peralatan untuk pengamatan benda angkasa luar, yang disebut The Casini telah menemukan bintik (gunung) yang berketinggian 1500 meter dengan celah di tengahnya yang sangat dalam, yang terlihat seperti parit raksasa untuk mengalirankan material yang ada disekelilingnya.

Tampakan gunung tersebut yang diberi nama The Rose, telah dilihat dengan radar inframerah jarak jauh. Titan telah lama diduga sebagai benda langit yang kaya akan gunung (cryovolcanoes), tetapi karena tajamnya atmosfer Titan terhadap kehiduypan manusia, maka kebenaran ini sulit untuk dibuktikan. Dan berdasarkan penelitian ini para ilmuwan menjadi penasaran tentang aktifitas gunung di Titan dan juga termasuk jenis lavanya

Sebagian besar lapisan luar Titan adalah air es dan Ammonia, oleh karena itu mereka menduga bahwa kedua zat tersebut mungkin dimuntahkan oleh gunung tersebut yang memiliki suhu rendah, demikian pernyataan Dr Randy Kirk, salah seorang ilmuwan team radar Cassini dari US Geological Survey (USGS). Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa material yang ada di Titan bukan material organic, mungkin saja hanya zat lilin atau bahan plastic.

Sebelum penemuan ini memang telah diduga bahwa terdapat gunung es di Titan, tetapi pendapat ini belum mendapat dukungan Internasional karena kendala fidik berupa temperature atmosfer Titan yang mencapai – 180 derajat Celsius.
Voyager 1, pesawat ruang angkasa yang paling jauh berkelana di luar bumi, kini pada tanggal 14 December 2010, telah mencapai batas Sistim Solar kita di alam semesta ( Last updated at 04:43 GMT) . Sehingga kini Voyager menempuh jarak 17.4 milyar km (10.8 milyar mile) dihitung dari bumi.

Dalam pengembaraan ini Voyager berhasil mendeteksi perubahan aliran partikrl partikel yang mengelilinginya, partikel tersebut berasal dari matahari, hal ini menunjukan bahwa Voyager berada lebih dekat dengan ruang interstellar ruang angkasa, atau ruangan di jagad raya yang berada diantara 2 bintang.
Dr. Edward Stone, seorang ilmuwan Voyager (Voyager project scientist), menyatakan bahwa pengembaraab dan penerapan iptek berhasil diperoleh setelah 33 tahun peluncuran Voyager ( Diluncurkan tahun 1976 ). Selanjutnya Dr Stones menjelaskan bahwa hingga kini kita tidak memiliki pengetahuan hingga sampai jarak berapa kita mampu menginjakan kaki di luar batas tata surya kita. Pernyataan tersebut disampaikan pada forum “the American Geophysical Union (AGU) Fall Meeting”, sebuah organisasi ilmuwan tentang bumi yang terbesar di dunia.
• Penjelajahan Hingga ke Batas Tata Surya
Seperti kita ketahui bersama, bahwa Voyager 1 diluncurkan 5 September 1976 disusul kemudian Voyager 2 pada 20 August 1977. Hasil dari Pengembaraan Voyager tersebut diantaranya adalah pengamatan bagian luar Planet Jupiter, Saturn, Uranus dan Neptune, yang berhasil diselesaikan sempurna pada tahun 1989.
Kedua Voyager berhasil mengamati ruang angkasa secara lebih cermat, khususnya mencoba meneliti tentang pusat Galaksi Jalan Susu. Dengan tenaga panel radioaktif mereka berhasil mengirim data berkesinambungan ke bumi, meski karena jarak yang jauh komunikasi gelombang radio memerlukan waktu selama 16 jam.
Hasil observasi terakhir dari Voyager 1 dengan menggunakan peralatan pendektesi partakel ruang angkasa yang bermuatan didapatkan laporan tentang kecepatan partikel solar bermuatan. Alur partikel solar tersebut membentuk sebuah balon/gelembung yang melingkungi tata surya kita yang disebut dengan heliosphere. Badai partikel tersebut bergerak dengan kecepatan "supersonic" hingga membentur “gelombang kejut” atau “termination shock”.
Pada saat badai partikel matahari tersebut membentur terminal shock, maka kecepatan badai akan berkurang drastic dan akan menghangatkan suhu di tempat tersebut sehingga dapat menghangatkan tempat yang disebut sebagai heliosheath. Voyager sekarang telah menemukan tempat yang rendah kecepatan badai matahari tersebut bahkan tak bergerak Dari berbagai Sumber).

Rabu, 02 Maret 2011

Gunung Di Dasar Laut

Kira kira sebesar 5 % lautan di bumi tertutup dengan gungun di bawah laut, puncak gunumg tersebut mencapai 1000 m di atas dasar lautan, sebanyak 16 % persen gunung tersebut tertutup bukit bukit di bawah laut.

Gunung di bawah laut (Seamounts) dan bukit bukit sangat penting tetapi masih sedikit studi yang dilakukan untuk mempelajari lautan. Luas pegunungan tersebut hampir menyamai Rusia atau seluas semua wilayah tropis di bumi. Details mengenai gunung ini bisa dibaca di journal Deep-Sea Research Part 1.

Seamounts adalah gunung bawah laut atau "undersea mountains", bentuk gunung ini meruncing hingga 1000 m di atas dasar laut. Sedangkan perbukitan disekitarnya juga berbentuk meruncing namun berukuran lebih kecil. Baik perbukitan dan gunung tersebut sangat penting untuk keanekaregaman hayati lautan. Hal ini dikemukan oleh Dr Chris Yesson dari komunitas Zoological Society of London, yang memimpin penelitian gunung tersebut.

Menurut pendapat paling akhir baik gunung dan perbukitan tersebut berjumlah ribuan atau beberapa ratus ribu. Variasi tersebut disebabkan cara pandang berbeda dalam meneliti dan jumlah data yang ada. Akhirnya Dr Yesson dan koleganya menggunakan data dari peta bawah laut US Geological Survey. Proyek pemetaan dasar laut tersebut dibuat dengan skala ketelitian 1 kilometer dan bisa mengidentifikasi kedalaman dasar laut.

Team Dr Yesson menggunakan peta dan menguji secara detail, mengadakan juga penelitian bentuk bentuk puncak gunung bawah laut, untuk membedkan gunung atau bukit bawah laut. Untuk menguji peta tersebut, tim Dr. Yesson menguji kembali kedalaman lautan. Dengan dasar ini tim tersebut bisa menjumlah gung bawah laut berdasarkan kedalaman lautan dengan ketelitian yang lebih rendah atau difokuskan per wilayah. Sehingga bisa mendapatkan data jumlah gunung di bawah laut secara global.

Seperti diketahui bahwa junlah gunung di bawah laut adalah sebesar 33.000 dan 138.000 bukit, gunung tersebut menutup 4 , 7 % dari luas lautan dan bukit bawah laut menutup 16, 3 % dasar lautan.Hanya sekitar 250 gunug yang sudah dilakukan survey biologis atau hanya kurang dari 1 %.

Gunung bawah laut adalah sebuah area yang tinggi kekayaan sumber hayati seperti kerang kerangan dan hewan spong yang merupakan makanan ikat dan hewan lainnya.
BBC News, 2 Maret 2011

28 Miliar Dollar Dana Pendidikan Dunia Yang Terhambat


Adanya peperanga di dunia mengakibatkan dana pendidikan sebesar 28 Milyar US Dollar dari United Nation (PBB) untuk pendidikan menjadi terhenti, hal ini disebabkan sering terjadi kekejian seksual dan penyerangan terhadap sekolahan di dunia.
Laporan ini dikmukakan badan PBB dir EPUBLIK Demokratik Congo, sebagai wilayah yang paling buruk di dunia dalam hal perkosaan. Sepertiga kasus perkosaan dunia terjadi di Kongo, menurut laporan Unesco.

Selanjutnya Unesco melaporkan hingga tahun 2015, Afrika membutuhkan 2 juta guru baru.Di bagian Tenggara "Democratic Republic of Congo” diperkirakan setengah dari anak usia sekolah telah drop-out.

Akibat perkosaan ini banyak meninggalkan korban yang terluka dan menyebabkan ketakutan pada anak anak perempuan

Dana Untuk Militer dan Pendidikan



Banyak milisi milisi yang mengukuhkan symbol kekuasaan dengan menyerang desa dan menghancurkan sekolah dan balai pengobatan

Selanjutnya Unesco melaporkan bahwa penghancuran sekolah di Afganistan telah naik sebesar 77% dari 347 kasus di tahun 2008 menjadi 613 du tahun 2009. Sementara itu di Yaman telah terjadi pengrusakan 220 sekolah. Hal ini menyebabkan seharusnya The International Criminal Court untuk lebuh aktif lagi dalam membrantas kekejian seksual ini dan segera dibentuk Komisi Internasioanal untuk membrantasnya

Dengan demikian permasalahan dana untuk pendidikan seharusnya menjadi topic yang utama. Hal ini disebabkan terdapat 21 negara ternmiskin yang membenjakan dananya untuk militer ketimbang untuk pendidikan. Contohnya Negara Chad membenjalkan dana 4 kali untuk militer ketimbang pendidikan.
Begitu pentingnya dana pendidikan hingga selama 10 tahun pembenahan di Ethiopia, dengan dana sebesar 4 milyar mampu mengurangi signifikan anak sekolah yang drop-out.
BBC, 1 Maret 2011.

Jumat, 25 Februari 2011

Misteri Migrasi Kura Kura Pantai


Camille Ebden koresponden BBC News, 25 Pebuari 2011 melaporkan bahwa kura kura laut mampu membaca peta pantai selama mereka menetaskan telurnya.

Hingga kini kita menjadi penasaran bagaimana bisa hewan seperti kura kura . mampu bersama sama melakukan migrasi hingga ribuan mil menyebrangi lautan, tanpa mengamati daratan pantai. Fenomena ini menjadi hal yang misteri.

Sekarang fenomena ini telah diteliti oleh University of North Carolina yag berhasil mendapatkan jawabannya.

Kua kura laut (Loggerhead sea turtles) mampu mengetahui posisi dirinya sendiri denga memanfaatkan dua susunan isyarat magnetic. Penelitian ini behasil mengungkap tabir misteri tentang migrasi hewan.

Tetapi penemuan ini juga bermanfaat bagi konservasi kura kura di masa datang, bukanhanya sekedar pemecahan misteri, demikian menurut Dr Kenneth Lohmann dari Universitas Noth California.

Meskipun beberapa species kura kura mampu mengetahui posisi GARIS BUJUR (latitude), tetapi mereka tidak bisa mengetahui posisi GARIS LINTANG ( longitude). Tetapi khusus kura kura pantai ( loggerhead turtles) sudah mampu mendaya gunakan panjang dan sudut medan magnet bumi, yang membuat para peneliti tercengang.
BBC News, 25 Pebruari 2011.

Jangan Paksa Anak Kita

Dewasa ini merebak di seluruh pelososk tanah air, terutama di kota kota besar tentang sistim pembelajaran “full day school” dari mulai peserta didik jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Sistim ini terutama diusung oleh sekolah yang ber-trsde mark sekolah favoutir atau sekolah yang sedang menggapai label ini. Sehingga praktis peserta didik aktif dalam pembelajaran setiap hari hingga 9 – 10 jam. Dan untuk sistim pembelajaran seperti ini banyak orang tua/Sali peserta didik yang menyambut baik, meski harus membayar SPP yang relative lebih tinggi dari sekolah lainnya.

Memang betul alasan utama orang tua yang menitipkan putranya di sekolah ini, adalah untuk mengalihkan waktu bermain dengan waktu waktu yang bermanfaat atau sebagian lainnya beralasan demi mencetak putranya sebagai “outcome” yang berkrebilitas sebagai “smart generation” nantinya.

Namun tindakan yang bijaksana dalam menyikapi sistim pembelajaran ini perlu dikedepankan justru demi perkembangan putra putra kita. Hal yang pertama menjadi bahan pertimbangan kita adal;ah ketahanan fisik putra putra kita yang sebenarnya masih dalam taraf anak hingga remaja. Bayangkan saja putra kita harus terlibat dalam aktifitas pembelajaran selama lebih dari 7 jam x 60 menit, yang harus mengerahkan kemampuan kognitifnya secara maksimal. Padahal ruang kognitif yang ada di otak manusia adalah sangat terbatas, dalam artian apabila ruang kognitif ini telah lelah maka tentu saja putra putri kita tidak akan mampu l;agi menggunakan memorinya.

Berdasarkan pengalaman empiris dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik hanya mampu mengoptimalkan seluruh inderanya hany 6 jam ( 60 menit), diluar batas tersebut secara variatif peserta didik sudah sulit untuk mengembangkan kemampuan memahami bahan ajar. Sehingga 3 -4 jam sisanya, akan sia sia untuk mengusung pembelajaran. Kecuali untuk kegiatan ekstrakurikuler, yang banyak menerapkan “learning by doing”, seperti pramuka, music, olah-raga ringan dan green-outbonding.

Padahal konsep pendidikan yang benar, adalah putra kita difasilitasi waktu yang cukup guna menggunakan psikomotorik dalam pemahanan bahan ajar. Aspek ini bisa diperoleh dengan merespon PR atau portofolio yang diberikan oleh pendidik. Disamping itu seoran anak yang sedang aktif mengalami perkembangan pribadinya, harus pula aktif berinteraksi dengan teman lainya terutama dengan teman yang sebaya. Asal orang tua pandai untuk menyisihkan waktunya untuk pengawasi proses interaksi social ini, tentunya seorang anak akan berkembang secara normal dalam aspek affektinya.

Memang dewsa ini sedang terjadi pencerahan secara intensif terhadap sistim pendidikan yang telah lama terpuruk. Sehingga setiap aspek yang terlibat dalam pendidikan anak bangsa sedang dibenahi secara maksimal oleh kementrian pendidikan nasional. Terutama dari aspek pendidik, pembelajaran inovatif, kesejahteraan pendidik dan yang penting lainnya adalah penerapan kurikulum Standar Isi yang ditetapkan mulai dari tahun 2006. Justru dengan model kurikulum tersebut sistim satuan pendidikan diberi keleluasaan dalam pencapaia kompetensi peserta didik. Bukankah dengan penerapan seperti ini kita diharapkan lebih bertindak bijak terhadap peserta didik.

Dengan sistim pembelajaran yang berkemas menyenangkan bagi siswa, tentunya menjadi pilihan alternative yang lebih manjur ketimbang komersialisasi sistim Full Day School, apalagi bila instrument pembelajaran guru mampu dipatok dengan cermat dan sungguh sungguh tentu kita akan mampu untuk mencerdaskan anak bangsa ini.

Sistim Full Day School hendaknya secara bijak hanya diterapkan kepada peserta didik yang akan mengikuti UASBN (evaluasi bahan ajar bukan UN) dan UN itu sendiri. Memang pada even ini peserta didik harus banyak menjalani drill guna kompetensi dan pada giliranya akan berhasil lulus dalam UN. Dalm kondisi seperti ini tentunya setiap peserta didik akan siap lahir batin untuk mengikuti program Full Day School.

Sebagai bahan perbandingan mari kita cermati sistim pendidikan di Inggris yang mulai menerapkan sistim pembelajaran 4 hari dalam satu minggu dan tiap hari hanya menerapkan pembejaran selama 6 jam per hari. Dalam menerapkan sistim tersebut tentunya mereka mengoptimalkan sistim pembelajaran seefektif mungkin, ketimbang memaksa kemampuan alami peserta didik.

Full Day Schol akan terasa lebih berat lagi bila peserta didik dibebani dengan bahan ajar yang jumlahnya relative banyak, contohnya untuk tingkat SMA putra kita harus menempuh rata rata 16 bahan ajar, baik kejuruan maupun umum. Bahkan untuk sekolah ekslusif keagamaan ditambah dengan muatan local bisa mencapai 21 bahan ajar. Batasan batasan tersebut di atas tentunya hanya mengedepankan aspek peserta didik hanya mampu menyerap bahan ajar yang memprihatinkan.

Oleh karena itu sebaiknya otoritas pendidikan di Indonesia lebih bersifat arif dalam mmenyikapi maraknya sekolah yang berambisi mengejar favoritas/bonafisitas dengan menerapkan sistim yang latah. Sebaiknya pemerintah lebih baik membina sekolah seperti tersebut di atas dengan mengedepankan sistim pembelajaran yang efektif, padat dan cermat dalam batas batas kemampuan fisik, psikhologis dan biaya yang dikeluarkan orang tua.

Kamis, 24 Februari 2011

DNA: Sebuah Misteri Kehidupan


Di tahun 1953, dua ilmuwan Cambridge University berhasil mempublikasikan sesuatu yang mampu menjawab pertanyaan mendasar di bidang biologi, yaitu bagaimana individu mereproduksikan mereka sendiri. Dalam laporan mereka yang ditulis di jurnal ilmah Nature, James D Watson dan Francis Crick membeberkan struktur kimia yang disebut deoxyribonucleic acid, atau DNA.

Setelah 6 tahun meninggalnya Crick Wellcome Library London, mempublikasikan semua hasil [penelitianya di dunia maya termasuk konsep Crick tentang rantai double helix DNA.

Publikasi DNA oleh mereka adalah upaya digitalisasi melalui akses on-line jutaan dokumen milik perpustakaan tersebut, termasuk penelitian pribadi Crick yang memberi sumbangan besar terhadap perkembangan sains dampai kini. Francis Crick meninggal di San Diego pada umur 88 tahun.


Cerita kesuksesan Crick dimulai pada 28 Pebruari 1953, ketika dia mulai mempublikasikan penemuanya di Eagle pub di Cambridge, dia menyampaikan kepada teman temanya, bahwa di dengan teman amerikanya James Watson berhasil menemukan “ Secret of life”. Pada hari itu Crick dan Watson memang telah memecahkan rahasia hidup, lantaran menemukan struktur DNA, yang diketahui sebagai ikatan ganda yang berpilin (double helix). Struktur tersebut membentuk rantai dan mampu menggandakan dirinya sendiri dengan membawa infoemasi genetic.
Rantai double helix DNA disusun oleh 4 bahan kimia yang disebut, adenine (A), cytosine (C), guanine (G) and thymine (T). Jika salah satu rantai diisi basa adenine, maka rantai lainnya harus dipasangkan dengan thyamin, dan bila rantai diisi Cytosin, maka rantai lainnya harus Guanin
Inilah yang disebut penemuan revolusioner, sumbangan terbesar dalam ilmu pengetahuan, setelah Darwin menemukan teori Evolusi. Crick saat itu berumur 38 tahun, meskipun dia tidak menyandang PhD. Hasil studinya itu ditunda sementara karena meletusnya PD II.

• Implikasi Luas

Crick dikenal sebagai ahli molekul biologis dan bekerja di ;Lboratorium Cavendish Universitas Cambridge. Tidak berapa lama dia mengenal James Watson, pria yang 10 tahun lebih muda dia dan langsung aktif dalam diskusi mengenai struktur DNA. Mereka berdua juga banyak mendapat informasi dari ilmuwan lainnya, diantaranya adalah : Maurice Wilkins dan Rosalind Franklin dari King's College London. Tetapi yang paling essensi dari penemuannya itu adalah hasil yang didapatkan dari penembakan sinar X tentang molekul DNA.



Hasil penemuanya itu banyak digunakan dalam bioteknologi dan menjadi factor essensi tentang penelitian di bidang biologi, kesehatan, pertanian, ilmu forensic dan lain sebagainya. Francis Crick lahir 8 Juni 1916 di Northampion putra seorang pengusaha sepatu. Setelah penemuanya ini Crick berdomisili di San Diego pada tahun 1977untuk menempuh PhD dan memecahkan lebih lanjut tentang kode genetic.
Pada tahun 1981 dia mempublikasikan versi asal usul kehidupan yang berasal dari mikroorganisma dari planet lain yang ditempatkan di bumi, dengan menggunakan pesawat ruang angkasa dari masyarakat planet yang lebih maju.
BBC News, Pebruari 2011

THE THUNDER THIGHS


Para ilmuwan telah menamakan species baru Dinosaurus dengan sebutan "thunder-thighs" , sebab mereka species baru tersebut memiliki ukuran otot paha yang besar.
Berdasarkan fosil yang ditemukan di galian wilayah Utah, AS, yang tercecer dari bagian lainnya tetapi cukup untuk merancang bangun organisma yang memiliki kaki yang besar dan kuat.

Species baru itu telah dilaporkan di journal Acta Palaeontologica Polonica, organisma tersebut adalah “sauropod” – sa;lah satu organisma family dinosaurs, seekor hewan yang berciri leher dan ekor yang panjang.
.
Diperkirakan organisma tersebut memiliki langkah kaki yang panjang, demikian pernyataan para ilmuwan. Menurut Dr. Mike Taylor dari University College Londonhewan tersebut diasumsikan adalah hewan yang mampu melangkah.menendang dengan kuat.Sehingga mampu mengalahkan predator lain.


Para ahli mengidentifikasikan organisma tersebut sebagai Brontomerus mcintoshi - from the Greek "bronto", yang berarti halilintar atau "thunder"; dan "merós", yang berarti paha atau "thigh".

Tulang fosil yang ditemukan dalah dua specimens – diperkirakan telah berumur 110 juta tahun yang lalu dan ditemukan di kawasan Hotel Mesa Quarry in Grand County, Utah. Daerah ini terkenal daerah yang sering diburu oleh pemburu fosil komersil.
Fosil tulang yang ditemukan diperkirakan adalah tulang pinggul yang disebut ilium, yang memliki perbandingan ukuran relative besar disbanding dengan dinasaurus lainnya.Dengan ukuran tulang yang sebesar itu, para ahlipun bisa memprediksi ukuran otot yang melekatnya.

Dengan ukuran bagian tulang yang lebar dan meluas ke atas dan depan lubang pinggul, maka kita mampu memprediksi ukuran otot yang melekatnya. Menurut para ahli organisma purba tulang fosil yang berukuran besar tersebut adalah fosil dari hewan induk/ibu, dengan asumsi berat tubuhnya mencapai 6 ton dan panjang tubuhnya mencapai 14 meter , sama seperti ukuran seekor gajah.
Sedangkan fosil lainya diperkirakan adalah anak dari ibu tersebut dengan bobot 200 kg dan panjangnya mencapai 4, 5 meter.

Brontomerus hidup di masa yang menurut ahli geologi disebut Early Cretaceous Period.

BBC News, Pebruari 2011.

Minggu, 20 Februari 2011

Equinox

         day time day time day time day time
2004 20 06:49 21 00:57 22 16:30 21 12:42
2005 20 12:33 21 06:46 22 22:23 21 18:35
2006 20 18:26 21 12:26 23 04:03 22 00:22
2007 21 00:07 21 18:06 23 09:51 22 06:08
2008 20 05:48 20 23:59 22 15:44 21 12:04
2009 20 11:44 21 05:45 22 21:18 21 17:47
2010 20 17:32 21 11:28 23 03:09 21 23:38
2011 20 23:21 21 17:16 23 09:04 22 05:30
2012 20 05:14 20 23:09 22 14:49 21 11:12
2013 20 11:02 21 05:04 22 20:44 21 17:11
2014 20 16:57 21 10:51 23 02:29 21 23:03
2015 20 22:45 21 16:38 23 08:20 22 04:48
2016 20 04:30 20 22:34 22 14:21 21 10:44
2017 20 10:28 21 04:24 22 20:02 21 16:2
Equinox yang terjadi pada bumi berlangsung 2 kali setahun, tepatnya saat sumbu Bumi berinklinasi terhadap matahari, baik menjauhi ataupun mendekati matahari. Sedangkan peredaran semu matahari tepat di equator.

Fenomena equinox dapat digunakan untuk penanggalan pasang surut air rob.

Equinox berasal dari Bahasa Latin : aequus (sama) dan nox (malam), sebab bila posisi bumi dalam keadaan equinox, panjang malam dan siang akan sama. Hal ini bisa kita pahami bahwa latitudes (bola langit) +L dan -L , Utara dan Selatan sama panjangnya.
.
Pada posisi equinox, matahari berada di salah satu titik bola langit (celestial sphere), titik itu berujung di cakrawala dan yang saling berlawanan. Lengkungan equator (celestial equator) saat itu tegak lurus dengan ecliptic. Pada saat inilah terjadi deklinasi 0. Pada posisi equinox ini posisi matahari pada lengkungan equator bisa berada tepat di atas kepala kita, terkjadi khusus pada Tgl 21/22 Maret dan 22/23 September tiap tahun.

Satu hari tepat pada equinox. Matahari sepenuhnya berada di atas kepala kita dan panjang malam serta siang sama.

Secara umum lama satu hari disefinisikan sebagai perioda saat sinar matahari mencapa permukaan bumi Bila kita amati dari bumi, matahari terlihat seperti piring bukan terlihat seperti seberkas cahaya. Pada keadaan ini berarti bola matahari berada di horizon, sehingga masih berada dalam batas pandang kita. Dengan demikian semua berkas sinar mampu mencapai horizon dan dibiakan oleh atmosfer.


Pada saat equinox, panjang hari antara siang dan malam relative sama, yaitu masing masing sepanjang 12 jam. Kondisi demikian disebut dengan equilux. Disebabkan waktu matahari terbit dan tenggelam sangat bervariasi tergantung lokasi di bumi, maka equilux juga bergantung pada posisi di bumi, dan tidak pernah terjadi di lokasi yang jauh dari equator.

Selain itu pergiliran musim yang terjai di bumi, bergantung dari rotasi bumi terhadap sumbunya yang berada di orbit bumi. Sumbu bumi ini membuat sudut 23.44° terhadap orbit bumi sendiri. Kemiringan ini disebut dengan sudut axial tilt. Sebagau konsekuensinya setiap setengah setahun sekali (dari March 20 hingga September 22), belahan bumi Utara condong mendekat ke matahari. Jarak dengan matahari mencapai maksimal pada June 21, sementara itu belahan bumi Selatan mulai mendekat pada setengah tahun berikutnya, dan mencapai puncaknya pada December 21. Sementara itu bila matahari berada di atas equator maka kutub Utara dan Selatan berada pada posisi berimbang

Sabtu, 19 Februari 2011

Pembelajaran Tanpa Kata Kata


Sejumlah kata kata, seperti "koob" atau "zort" dan lain sebagainya, adalah kata yang diprogramkan otoritas pendidikan Inggris untuk diajarkan pada anak usia 6 tahun.

Gagasan ini adalah sebuah upaya pengkritisan dari sejumlah pustakawan Inggris, untuk mencegah anak anak di Negara Inggtis yang sedang aktif belajar membaca. Komunitas pustakawan (The UK Literacy Association) menjelaskan program tersebut ditujukan agar anak anak mengerti arti kata kata yang sulit.

Menanggapi masalah tersebut kementrian pendidikan setempat memberi kebijakan pada upaya pengenalan makna tertentu tanpa pengucapan kata, tetapi dengan pengenalan kata (phonics). Pembelajaran dengan membaca ini, tentunya akan membiasakan anak anak mengucapkan kata kata tertentu daripada menulis.

Metoda Non-words (dengan gambar) ini tentunya akan menyertakan anak anak pada ruang memorinya untuk menyimpan kata kata tersebut. Untuk itu kemetrian pendidikan setempat mencanangkan evaluasi pada anak anak untuk mengenal 40 obyeks yang bervariasi dalam kata atau non kata (gambar). Evaluasi tersebut dilakukan hanya dalam waktu 10 menit.

Menurut President UK Literacy Association David Reedy penerapan metode “non – word “ bertujuan agar anak mampu merespon aktif apa yang mereka baca atau lihat. Dalam hal ini pembelajaran pun perlu duteruskan dengan evaluasi berkelanjutan. Setiap evaluasi hanya berlangsung selama 10 menit, untuk mengenalkan 40 obyek kepada anak. Evaluasi yang dilakukan otoritas tersebut, bertujuan untuk mengontrol variasi variable, seperti “makna kata” yang tidak menghalangi anak anak belajar membaca.
Dalam test tersebut sekaligus pembelajaran kepada anak anak untuk menguasai kata dengan metode “phonic”.

Dengan pembelajaran model ini banyak kata kata yang kita kuasai lantaran menerapkan metoda melihat dan mengucapkan, demikian juga dengan anak anak kita yang mengenal kata 'the' and 'once'. Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris bukan bahasa yang besifat phonically seperti Bahasa Jerman dan Perancis.

Oleh karena itu anak anak sebaiknya memperoleh informasi pendukung sebelum dikenalkan kata itu. Dan disinilah essensi belajar membaca pada anak anak tanpa metoda “kata kata”.(BBC News, 2011).

Jumat, 18 Februari 2011

A u r o r a


Aurora (jamak: auroras atau aurorae) adalah display cahaya alam diangkasa, khususnya di daerah kutub yang disebabkan terjadinya tumbukan antara partikel bernuatan yang menerpa bumi. Aurora biasanya dilihat di malam hari dan terjadi di Ionosfer/ Fenomena ini terjadi pada posisi 60 dan 72 garis lintang baik utara maupun selatan. Sehingga kerap terjadi di daerah Arctic dan Antartic.

Di garis lintang Utara aurora yang terjadi di sebut dengan aurora borealis (or the northern lights), nama ini diberikan setelah kejayaan Roma runtuh, Aurora, adalah berasal dari Bhasa Latin yang artinya Utara


Keempatan untuk melihat aurora borealis semakin besar bila kita mendekati Kutub Utara dan disini aurora terlihat semakin jelas dan menggantung di langit., berpendar di horizon utara dan terlihat warna hijau dan kemerah merahan. Aurora borealis semakin jelas bila posisi bumi mencapai equinoxes.

Aurora yang terbentuk di belahan langit selatan disebut dengan aurora australis ( southern lights), aurora ini memiliki kesamaan dengan belahan utara, tetapi hanya bisa terlihat di Antarctica, South America, or Australasia. Australis adalah bahasa Latin yang berarti selatan. Aurora selayan sebagian besar dapat dilihat dekat dengan kutub yang lebih lama dibawah kegelapan (tanpa sinar matahari).

• Terjadinya Aurora

Aorota dihasilkan karena emisi photon di atmosfer bawah bumi dengan ketinggian 80 km, kejadian ini karena Nitrogen terionisasi memperoleh elektron , bersamaan dengan itu oksigen dan nitrogen kembali dari lapisan aktif ke lapisan dasar. Kedua atom tersebut akhirnya menjadi terionisasi atau aktif ( excited)setelah bertumbukan dengan partikel yang terbawa badai matahari. Sehingga oksigen dan nitrogen terbawa ke bawah dan bergerak bersama mengikuti spectrum magnet bumi, energi yhang aktif akhirnya meluruh karena membentuk photon cahaya . Oleh karena itu Aurora digolongkan ke dalam 2 jenis:

1.Emisi Oksigen, membentuk aurora hijau dan kecoklatan dan warna lainnya tergantung dari energi yang diserap.

2. Emisi Nitrogen menghasilkan aurora berwarna biru atau merah. Biru apabila atom memperoleh kembali electron setelah terinosasi. Merah apabila atom kembali dari kukit dasar kembali ke kulit aktif.

Oxygen adalah atom yang biasanya kembali ke dan memerlukan tiga perempat detik untuk mengemitasi cahaya hijau dan lebih dari 2 menit untuk mengemitasi warna merah. Tumbukan dengan atom dan molekul lainnya akan menyerap energi eksitasi dan menyebabkan tidak timbulnya emisi.

Bagian palin atasdari atmosfer tersusun dari sebagian besar persentasi oksigen, yangmiskin dengan tumbukan, oleh karena itu bagi oksigen tidak cukup mengemitasi warna merah. Tumbukan lebih sering terjadi di bagian bawah atmosfer, sehingga emisi merah tidak berlangsung.

Hal ini tentunya tergantung juga dengan ketinggian, pada ketinggian yang banyak oksigen dengan dominasi warna merah, oksigen warna hijau dan nitrogen biru.merah Ternyata warna hijau adalah warna yang paling umum. Kemudian warna pink , campuran antara hijau dan merah, kuning ( campuran merah dan hijau) dan terakhir warna biru murni.

Aurora adalah perpaduan antara badai matahari, aliran ion yang terus dilemparkan matahari. Lapisan magnet bumi terjebak dalam partikel matahari ini, sebagian besar dari merka menuju ke kutub yang merupakan bagian bumi yang terdekat.

Tumbukan dengan ion ion matahari di atmosfer yang mengandung atom dan molekul menyebabkan pembebasan energi untuk membentuk aurora. Aurora akan bertambah jelas bila aktifitas matahari meningkat, atau pada fase (coronal mass ejections) peningkatan emisi.


Secara khusus aurora nampak berkonfigurasi pada arah timur barat. Terkadang aurora tergelar melengkung,. mereka relative tidak berubah susunanya. Setiap ujung
Auora tersusun juga ujung ujung berkas sinar , tiap ujung berkas tersebut tersusun dari berkas yang parallel.
Tiap susunan sinar menggambarkan peta magnetik

Meski aurora diberi nama pertama kali oleh nenek moyang bangsa Latin yaitu Pytheas, Hiorter dan Celsius yang pada tahn1741 mengemukakan hubungan dengan magnet, atau lebih lanjut dikemukakan bahwa adanya fluktuasi magnet yang besar mampu menyebabkan timbulnya aurora. Hal ini dibuktikan belakangan bahwa arus listrik yang berinteraksi dengan aurora akan timbulk di wilayah yang terjai aurora.
Kristian Birkeland (1908) membuktikan bahwa arus listrik menalir ke arah timur-barat sepanjang lengkungan aurora atau arus listrik mengalir dari arah hari terang ke arah malam (barat). Arus listrik yang demikian disebut "auroral electrojets"
Pada Februari 2008, sebuah misi penjelajahan yang diberi nama THEMIS telah mengadakan observasi dan mengemukakan teori magnetospheric substorms. Selama mengadakan penjelajahan yang menempuh jarak 1/3 jarak bumi ke bulan telah mempublikasikan bahwa peran magnetic berlangsung selama 65 detik sebelum terjadinya aurora.


Bumi secara constant telah tenggelam dalam plasma yang ditebar matahari, yang terdiri dari gas yang bebas dari electron aktif dan juga ion positif. Kesemua plasma tersebut telah dilempar matahari ke semua arah bumi. Plasma ini diterima bumi dalam kondisi hangat, karena bagian luar matahari bertemperatur hingga jutaan Celsius.

Badai matahari yang diterima bumi berjalan dengan kecepatan 400 km/s, kepadatan materi adalah 5 ions/cm3 dengan intensitas magnetic sebesar 2–5 nT (nanoteslas; lapisan bumi pada umumnya memiliki 30,000–50,000 nT). Pada kejadian badai magnetic aliran magnetic tersebut akan bertambah dan lapisan magnet antarplanet/interplanetary magnetic field (IMF) akan bertambah kuat.

Lapisan magnet bumi (Earth's magnetosphere) yang terbentuk akan bertumbukan dengan angina matahari. Hal ini tentunya akan membentuk blockade terhadap angina matahari tersebut sepanjang lapisan magnetic bumi.yang berjarak 70.000 km hingga ketinggian 12.000 km Magneroshere bumi akan penuh dengan ion badai matahari yang terjebak tapi kemudian akan mampu melewati hingga bergerak menuju kutub.

Kamis, 17 Februari 2011

Anti-Laser Sebuah Penemuan Baru Di Bidang FISIKA

Departemen Iptek BBC News, 17 Pebruari melaporkan bahwa ahli ahli fisika dunia telah berhasil menciptakan peralatan anti sinar laser yang pertama kali.
Peralatan anti laser tersebut dirancang bangun oleh tim dari Yale University, peralatan tersebut mampu menyerap berkas sinar laser secara keseluruhan/
Tetapi penemuan ini tidak dimaksudkan untuk tujuan senjata anti laser yang berkekuatan besar. Demikian pernyataan tim ilmuwan yang menemukan.

Maksud dan tujuan penelitian ini madalah untuk supercomputer generasi mendatang, yang menggantikan komponen computer dengan cahaya bukan dengan komponen elektronika.
Professor Douglas Stone dan anggota tim dari Yale University sepenuhnya telah mengembangkan teory tentang peranan zat yang mampu dijadikan bahan dasar laser.

• Sinar Laser Misterius

Berdasar rancangan sinar laser yang berkembang akhir akhir ini, yang dihasilkan oleh peralatan khusus yang tidak mengacu pada konsep laser tradisional, Professor Stone mengemukakan bahwa rancang bangun peralatan anti laser tersebut berdasarkan teory yang ada untuk membentuk sinar laser.

Teori yang diusungnya juga mampu merancang penguatan sinar (amplifying light) dalam proses pengumpulan sinar. Oleh karena itu dengan teori tersebut pula mereka merancang peralatan penyerap berkas sinar laser yang dihasilkan tersebut.

• Cara Yang Biasa untuk Membentuk Sinar Laser

1. Sinar yang dihasilkan dari pengumpulkan berkas sinar (A laser is a device that can produce a beam of coherent light )

2,Sinar ini dihasilkan karena effek lompatan energi atau lompatan electron. Karena electron mampu menghasilkan cahaya (The beam is produced using a quantum effect, whereby electrons can be made to emit light)

3.Sinar Laser dibentuk dari perlakuan electron dalam dengan tingkat energi medium, biasanya dengan energi tenaga listrik (That is achieved by stimulating electrons inside a gain medium, typically using an electric current).

4.Dengan menggunakan resonator berkas sinar dikuatkan untuk membentuk berkas sinar laser (Resonators are used to amplify the light produced to form the intense beam).

Peralatan yang dirancang oleh ilmuwan menghasilkan dua berkas sinar laser dengan frekuensi gelombang cahaya yang berbeda, Perbedaan ini disebabkan penggunaan silicon yang membentuk ruang optic. Silikon dan ruang optiknya tersebut akan menangkap berkas laser dan meluruhkan semua energinya.

Pada la[pran ilmiah yang dipublikasikan oleh “ the journal Science “ mereka berhasil mendemonstrasikan kemampuan anti-lasr yang mempu menyerap 99.4 per cent sinar laser. Untuk panjang gelombang tertentu.

• Kecepatan Cahaya.

Berbedanya panjang gelombang yang masuk mampu secara efektif mematikan atau mengaktifkan peralatan tersebut, sehingga kelebihan ini bisa digunakan untuk merancang saklar boptic. Demikian dilaporkan oleh Professor Stone pasa BBC News.
Merancang bangun pealatan yang dapat menyerap gelombang cahaya dalam kisaran yang luas adalah hal yang sederhana, tetapi merancang peralatan untuk panjang gelombang tertentu membutuhkan perhitungan optic, demikian lebih lanjut Professor Stone menuturkan.

Keuntungan besar dari ditemukan alat ini, adalah penggunaan silicon yang sebagian besar telah digunakan dalam computer. Energi yang dihasilkan laser salah satunya adalah energi panas, maka anti laser ini mampu untuk meredam energi panas ini.

Guru Dengan Semangat Baru

Telah menjadi kesepakatan kita bersama bahwa dewasa ini Depiknas dan seluruh jajaran institusi yang terkait dengan sistem pendidikan nasional telah berupaya seoptimal mungkin dalam menggulirkan perubahan besar – besar terhadap pendidikan yang terintegrasi, sistematis dan terarah.

Terdapat urgensi yang terselip di balik itu semua, yaitu tentang masa depan generasi kita yang harus tangguh dalam menghadapi kompleksitas di tengah Masyarakat Indonesia yang pesat mengalami social changes, karena pengaruh globalisasi. Maka keterpurukan sistim pendidikan yang telah kita akui bersama dan bila dihadapkan pada coincide penyiapan kemajuan bangsa, maka perubahan sistim pendidikan nasional haruslah dalam naungan suatu revolusi.

Betapa tidak , sebuah negara yang pada Tahun 1975 masih mengalami konflik politik sehingga telah kehilangan segala-galanya. Namun diluar dugaan lantaran keseriusan dalam menggarap sistim pendidikan nasionalnya, maka prestasinya sekarang bread di atas kita. Sebut saja negara tersebut adalah Vietman.
Menurut survey yang dilakukan oleh International Education Achievment ( I E A ), indeks pengembangan manusia ( Human Development Index ) kita masih sangat rendah. Menurut data tahun 2004, dari 117 negara yang disurvei, Pengembangan Sumber Daya Masyarakat Indonesia berada pada peringkat 111 dan pada tahun 2005 peringkat 110 dibawah Vietnam yang berada di peringkat 108 (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima, Th 2008 ).

Padahal pada kurun waktu Tahun 1970 - 1975 kita telah memulai pembangunan dengan menapaki PELITA I I. Bangsa Indonesia telah membenahi bidang pendidikan sebagai pilar utama peningkatan kualitas bangsa cukup diperhatikan. Paling tidak saat itu, pada tahun l974, dibangun 6.000 Sekolah Dasar (SD) INPRES, meningkatkan mutu 1000 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 1.427 SMP yang ada saat itu, melengkapi 200 SMA dari 421 SMA yang ada saat itu. Sedang Perguruan Tinggi yang berjumlah 29 semakin dikembangkan ( Harian Online Damandari, 2003 ).

Melihat kenyataan tersebut maka wajar saja apabila kita bersikap prihatin, namun tindakan kita yang paling bijak sebagai pendidik adalah menaruh perhatian yang serius. Bukankah sitim pendidikan nasional adalah asset prestis kita semua. Sehingga apabila terjadi keterpurukan terhadapnya, maka kita sebagai pendidik adalah yang paling depan dalam memikul tanggung jawab.

Oleh karena itu kita tidak mungkin untuk bertindak skeptis dalam menyikapi fakta tersebut. Minimal harus terbesit dalam hati kita untuk memulai langkah moral dalam mengejar ketertinggalan kita. Kita harus sigap dalam memulai bergulirnya sebuah revolusi pendidikan. Hanya dengan semangat yang tinggilah semua tugas moral kita untuk mengentaskan sistim pendidikan nasional kita menjadi ringan

Indonesia Di Tengah Dinamika Politik

Letak geografis indonesia yang berada persis di tengah - tengah dua samudra di sebelah Barat dan Timur serta dua benua di sebelah Tenggara dan Barat Laut, memberikan specifikasi tersendiri sebagai negara yang harus diperhitungkan oleh bangsa lain, terutama dalam aspek geostrategi dan geopolitik.Disamping itu Indonesia memiliki kekayaan alam yang tiada bandingnnya yang tersimpan di 17. 504 pulau ( Wikipedia, 2004 ).

Sebagian dari pulau yang kita miliki tersebut sekitar 6.000 di antaranya merupakan pulau yang tidak berpenghuni, dan sudah semestinya masih mengandung kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya Semua pulau-pulau tersebut terhampar menyebar di sekitar katulistiwa dan memberikan cuaca tropis. Tercatat pula bahwa disamping kekayaan alam yang tiada bandinmgnya, Indonesia juga memiliki lebih dari 400 gunung berapi and 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif, sebagian dari gunung berapi tersebut terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan.
Yang lebih memikat para cendikiawan dunia guna pengembangan sains dan teknologi bahwa Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif .Sudah brang tentu kondisi daya dukung alamiah yang kaya tersebut, jelas-jelas menarik minat bangsa penjajah untuk mengeksploitir kekayaan alam milik kita. Terbukti sejak Tahun 1602 Bangsa Belanda, disusul kemudian Bangsa Inggris dan Portugis serta Bangsa Jepang telah berhasil menkmati kekayaan alam kita. Disamping merampas kekayaan alam kita yang tak ternilai harganya, khusus Bangsa Belanda juga telah mengeksploitir tenaga / kehidupan / hak azasi anak bangsa guna kemakmuran mereka, selama 3, 5 abad lamanya.Seperti kita ketahui bersama bahwa dengan kondisi geografis alam yang melingkungi negara kita, menyebabkan terbentuknya ± 316 suku bangsa dan bahasa daerah yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia, masing –masing dengan corak budaya yang berbeda.

Hal ini tentunya membawa berkah tersendiri bagi kita , yang secara dialektis menempatkan keberagaman ini bukan sebagai faktor penghalang dalam upaya pencapaian hidup bersama. Tetapi justru malah mampu melatarbelakangi upaya pencarian instrumen yang mampu menjembatani perbedaan tersebut . Hingga lahirlah suatu Instrurnen pemersatu yang mampu diterima semua komponen penyusun bangsa dan negara ini, yang tak lain adalah Idiologi Pancasila, yang telah terpenetrasi jauh ke kalbu setiap anak bangsa ini.

Namun demikian dalam perjalanan hidup bangsa ini yang terus bergulir menuruti roda waktu, silih bergantinya perseteruan / goncangan / perbedaan pendapat terhadap sesama anak bangsa turut memperkaya perjalanan Bangsa Indonesia di tengah pergaulan kehidupan berpolitik, berbangsa dan bernegara. Namun kita tetap berbangga diri lantaran kita berhasil membangun monumen politik Indonesia beruapa even politik bersejarah, yaitu berupa deklarasi bersama tentang itikad bernegara pada Tanggal 17 Agustus 1945 yang dideklarasikan oleh Soekarno dan Hatta.2Sebagai negara yang baru saja memperoleh prestis politik yang monumental, beragam langkahpun telah diderapkan oleh putra-putra bangsa guna membangun negara ini dalam kerangka ekonom, politik, pendidikan kesehatan dan semua sendi kehidupan Rakyat Indonesia . Dinamika inipun tak luput dari perbedaan politik / pandangan umum tentang negara, yang meliputi sistim politik, ideologi, arah pembangunan dan lain sebagainya. Tercatat dalam sejarah idelogi komunis , liberalisme, pendirian NII oleh kelompok agamis pernah aktif ,mewarnai wajah perpolitikan Indonesia sebagai negara yang baru lahir ini. Sudah barang tentu perbedaan pola pandang tentang berbangsa dan bernegara ini membuat Rakyat Indonesia menjadi terpolarisasi dan mengkristal ke dalam ranah politik masing – masing pada dekade sebelum

Tahun 1965. Selama dekade tersebut munculah Idiologi Komunis yang berkembang pesat melalui instrumen politik Partai Komunis Indonesia ( PKI ), yang merencanakan mengadopsi komunis di Indonesia dengan paksa. Rakyat Indonesiapun saat itu menyambut antusias terbentuknya partai ini yang menjanjikan kesejahteraan rakyat yang masih berada di strata terbawah karena kemiskinanya. Slogan untuk penghapusan kelas, yang dikenal dengan nama slogan sama rata sama rasa begitu bergaungnya. Sehingga pada Pemilu Tahun 1955 PKI berhasl mendapatkan 6 juta suara ( Saat itu jumlah Rakya Indonesia baru berjumlah ± 50 juta jiwa ).
Hal ini meruapakan pertanda bahwa PKI kala itu banyak diterima di hati Rakyat Indonesia.
Namun sejarah mencatat sesuatu yang berbeda dengan yang diharapkan oleh hati rakyat, ketika pada Bulan September 1965, PKI berusaha mengambih alih negara ini dengan melakukan kudeta berdarah di bawah scenario DN Aidit, yang bertujuan hendak memaksakan kehendak rakyat banyak dalam menerapkan idiologi Komunis. Kenyataan itu berhasil membukakan mata dan hati Rakyat Indonesia yang sebelum itu menaruh simpatik., Kenyataan ini akhirnya menyebabkan air mata Ibu Pertiwi kembali menetes, karena di persadanya telah terjadi banjir darah karena perseteruan antara anggota partai komunis dan kontra komunis Pada Tahun 1966, yang berlangsung sebagian besar di P, Jawa dan Bali. Bencana yang berujud tragedi kemanusiaan begitu memilukan hingga jatuh korban jiwa untuk para pendukung / simpatisan PKI, tercatat sebanyak 2 juta pendukung / simpatisan PKI dieksekusi dan 200,000 lainnya di penjara tanpa diadili menurut norma hokum.

Kita sambut dengan tangan terbuka bila terdapat anasir baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin melakukan pencerahan kepa Rakyat Indonesia yang seharusnya mendapatkan statement mengenai tragedi ini sebenarnya. Namun demikian alangkah lebih baiknya bila tragedy tersebut dijadikan pelajaran berhaga untuk masa – masa mendatang dalam naungan kehidupan berpolitik, berbangsa dan bernegara.

Dengan aksi pembersihan massal terhadap setiap unsure yang berbau komunis / PKI,
yang dilancarkan Soeharto maka berakhir sudah wajah politik Orde Lama dan tertancaplah tonggak kekuasaan Orde Baru. 3Selama berlangsungnya rezim Orde Baru tercapailah pembangunan di segala bidang, dengan konsep pembangunan Rencana Pembangunan Lima Tahun, yang pada finalnya pemerintah era Orde Baru berniat membawa Rakyat Indonesia ke era tinggal landas menuju Masyarakat Adil Makmur berdasarkan Pancasila, setelah semua kerangka landasan dan setiap sendi kebutuhan Masyarakat Indonesia disiapkan terlebih dahulu pada Pelita sebelumnya. Perekonomian Indonesia pada Tahun 1966 berada pada titik paling rendah. Setelah itu upaya pembangunan yang sistematis mulai dilaksanakan melalui serangkaian pembangunan lima tahunan dan berjangka dua puluh lima tahun berdasarkan arahan-arahan GBHN. Repelita I dalam PJP I dimulai pada tahun 1969/70.

Agar pencapaian sasaran pembangunan dapat terwujud secara optimal dan sesuai dengan yang digariskan, maka sasaran-sasaran pembangunandipilah dalam berbagai bidang dan sektor pembangunan. Seluruh kebijaksanaan dirancang dandilaksanakan dalam kerangka Trilogi Pembangunan. Selama PJP I, laju pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 6,8 persen dengan laju pertumbuhan penduduk telah dapat ditekan rata-rata di bawah 2 persen per tahun, pendapatan per kapita meningkat lebih dari 11 kali (dinyatakan dalam US$ pada harga yang berlaku) menjadi di atas US$ 800. Dalam dua tahun Repelita VI, laju pertumbuhan ekonomi mencapai 7,5 persen dalam tahun1994 dan 8,1 persen dalam tahun 1995.

Pertumbuhan itu telah melampaui sasaran (baru) yangditargetkan dalam Repelita VI yaitu sebesar 7,1 persen rata-rata per tahun.Dalam Repelita VII, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk ditargetkan di atas 7persen dan 1,4 persen rata-rata per tahun. Dengan kedua sasaran ini, pendapatan per kapita padaakhir Repelita VII diharapkan dapat mencapai sekitar US$ 1.400 (berdasarkan US$ 1993), atau sekitar US$ 2.000 pada harga yang berlaku. Pada saat itu ekonomi Indonesia telah dapat digolongkan kedalam negara industri baru ( Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Ketua Bapenas, 1996 ).

Kita akui bersama bahwa kala itu Soeharto berhasil melakukan perubahan besar pada setiap sektor, seperti pendidikan, Keluarga Berencana, kesehatan , keamanan dan stabilitas politik, keutuhan wilayah Indonesia.. Namun semakin lama Soeharto memerintah negeri ini, semakin banyak pula tokoh politik yang mengkritik , apalagi memasuki Tahun 1977 bertepatan dengan krisis yang melanda dunia ( Asia khususnya ). Indonesia hingga kini belum mampu untuk mengatasi krisis tersebut. Bahkan cebderung melebar menjadi krisis multidimensional.

Terdapatnya kebocoran anggaran negara sebesar 30 % , sebagai akibat budaya korupsi yang diidap oknum mpejabat negara dari bawah hingga pusat, menyebabkan kian tewrperosoknya Indonesia dalam badai krisis .Dan Soehartolah yang pertama kali dituding sebagai penyebab kehancuran ekonomi Indonesia.. Sehingga pada Tahun 1977 terjadilah gelombang demo besar – besaran yang menuntut pengunduran diri Soeharto. Meski Soeharto mencoba mendirikan Komisi Reformasi untuk menyurutkan aksi demo, namun niatan ini sama sekali tidak 4mempengaruhi idealisme mahasiswa dan Rakyat Indonesia. Sehingga tidak ada jalan lainnya kecuali mengundurkan diri 21 Mei 1998.Setelah pengunduran diri Soeharto, maka panggung politik Indonesia berganti dengan Sistim Politik Reformasi, yang bersendikan kebebasan berpolitik,
mengeluarkan pendapat dan Supremasi Hukum. Termasuk tuntutat Soeharto atas tuduhan korupsi selama 30 tahun, melalui yayasan – yayasan yang didirikan keluarga

Soeharto.Hasil penyidikan kasus tujuh yayasan Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman. Berkas ini berisi hasil pemeriksaan 134 saksi fakta dan 9 saksi ahli, berikut ratusan dokumen otentik hasil penyitaan dua tim yang pernah dibentuk Kejaksaan Agung, sejak tahun 1999.Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan 15–35 miliar dolar A.S. selama 32 tahun masa pemerintahannya

Pada 12 Mei 2006, bertepatan dengan peringatan sewindu Tragedi Trisakti, Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto pada tujuh yayasan yang dipimpinnya dengan alasan kondisi fisik dan mental terdakwa yang tidak layak diajukan ke persidangan. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006, namun SKPP ini lalu dinyatakan tidak sah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 12 Juni 2006.Hasil penyidikan kasus tujuh yayasan

Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman. Berkas ini berisi hasil pemeriksaan 134 saksi fakta dan 9 saksi ahli, berikut ratusan dokumen otentik hasil penyitaan dua tim yang pernah dibentuk Kejaksaan Agung, sejak tahun 1999.
Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan 15–35 miliar dolar A.S. selama 32 tahun masa pemerintahannya.Pada 12 Mei 2006, bertepatan dengan peringatan sewindu Tragedi Trisakti, Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto pada tujuh yayasan yang dipimpinnya dengan alasan kondisi fisik dan mental terdakwa yang tidak layak diajukan ke persidangan. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006, namun SKPP ini lalu dinyatakan tidak sah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 12 Juni 2006 ( Wikisource, 2010 ).

Selama berkibarnya Sistim Politik Reformasi, kehidupan politik berjalan monoton meski telah tiga kali Bangsa Indonesia mengamanatkan empat putra bangsa menjadi Presiden RI, masing – masing adalah BJ Habibi, KH Abdurahman Wakhid, Megawati Soekarnoputri dan SBY. Selama kurun waktu dari Tahun 1977 – 2009, hanya kita temui 5padatnya aksi demo, manuver politik para elit poltik guna mendapatkan dukungan publik, kasus PHK dan dinamka politik lannya yang justru membosankan Rakyat Indonesia.Dinamika politik kembali menggelora di akhir Tahun 2009 mengawali masa jabatan ke – II SBY sebagai Presiden RI hingga kini, lantaran telah terjadinya kemelut bercampur dengan carut- marut pengucuran bailout sebesar 6 ,7 trilyun rupiah kepada Bang Century yang dianggap sebagai bang kolaps yang akan menyipkan pengaruh sistemik perbangkan di Indonesia.

Namu karena pengucuran tersebut tanpa melalui mekanisme yang telah baku. Maka publikpun berteriak dan yang paling banyak mendapat tudingan tersebut adalah Wapres Boediono Menkeu Sri Mulyani.Gegap gempitanya publik dalam mengomentari hal tersebut akhirnya sampai ke telinga Anggota DPR, yang segera membentuk Pansus Bang Century. Hingga kini masalah inipun belum mampu memberi wacana yang terang benderang, yang sebenarnya dibutuhkan publik agar mendapat pencerahan.Akankah kekisruhan tersebut terus akan berdampak menggoyang kursi keprisedenan. Nampaknya memang bakal mengarah ke sana, apalagi dengan dilakukannnya manuver politik dari komunitas elit politik nasional yang gerah dengan penyimpangan dana negara tersebut.

Sayangnya rakyat sementara ini masih menyangsikan manuver tersebut meski dalam kemasan kemanusiawian dalam bentuk apapun, label untuk perjuangan demi pencerahan untuk rakyat akan sia-sia saja, apalagi bagi mereka para petinggi / mantan petinggi nasional yang berkiprah politik.

Seperti even tanggal 1 Pebruari 2010 yang lalu, ketika sebuah Manifesto dibacakan oleh Anies Bawesdan Rektor Universitas Paramadina Jakarta., tentang penataan demokrasi. Tidak tanggung – tanggung lagi manuver politik itu dihadiri oleh Jusuf Kalla, Surya Paloh, Wiranto, Megawati dan Taufik Kiemas, Akbar Tanjung dan masih banyak lagi. Benarkah manuver politik itu mengatas namakan rakyat dan lebih jauh lagi hendak mensejahtarakan rakyat. Yang jelas mereka hanya memiliki niatan untuk meraih kursi kepresiden, saat SBY telah ditinggalkan pendukungnya, karena konspiracy Bang Century.Sementara itu SBY yang memenangkan Pemilu 2009 dengan mendapat perolehan suara 60 %, pada awalnya membentuk koalisis besar, yang disusun dari dukungan koalisi yang terdiri atas Partai Demokrat, PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PPP (Partai Persatuan Pembangunan) , PAN (Partai Amanat Nasional) dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). Koalisi itu juga sudah menguasai mayoritas parlemen karena mereka sudah menguasai 56 persen kursi. Tolal, 314 kursi yang mereka kuasai, dengan rincian kionstituen

Demokrat 148, PKS 59, PAN 42, PPP 39 dan PKB 26 ( lamade@jawapos. co.id ), Saat inipun mulai menapaki babak perpecahan internal dalam koalisi yang dibangunnya. Golkar lebih memilih untuk konsisten dalam memberi pencerahan obyektif kepada Rakyat Indonesia tentang Bang Century demi eksistensi nama besarnya pada Pemilu Tahun 2014 nanti. Sementara PPP mulai menjauhi koalisi akibat kasus Petinggi PPP yang pada KIB I menjabat sebagai Mentri Sosial, yaitu Bachtiar Chamzah yang terjerat kasus korupsi pengadaan sapi dan mesin jahit untuk keluarga pra sejahtera. Dengan demikian kekuatan koalisi akan melemah dan kedudukan SBY pun akan terancam,