Rabu, 02 Maret 2011

Gunung Di Dasar Laut

Kira kira sebesar 5 % lautan di bumi tertutup dengan gungun di bawah laut, puncak gunumg tersebut mencapai 1000 m di atas dasar lautan, sebanyak 16 % persen gunung tersebut tertutup bukit bukit di bawah laut.

Gunung di bawah laut (Seamounts) dan bukit bukit sangat penting tetapi masih sedikit studi yang dilakukan untuk mempelajari lautan. Luas pegunungan tersebut hampir menyamai Rusia atau seluas semua wilayah tropis di bumi. Details mengenai gunung ini bisa dibaca di journal Deep-Sea Research Part 1.

Seamounts adalah gunung bawah laut atau "undersea mountains", bentuk gunung ini meruncing hingga 1000 m di atas dasar laut. Sedangkan perbukitan disekitarnya juga berbentuk meruncing namun berukuran lebih kecil. Baik perbukitan dan gunung tersebut sangat penting untuk keanekaregaman hayati lautan. Hal ini dikemukan oleh Dr Chris Yesson dari komunitas Zoological Society of London, yang memimpin penelitian gunung tersebut.

Menurut pendapat paling akhir baik gunung dan perbukitan tersebut berjumlah ribuan atau beberapa ratus ribu. Variasi tersebut disebabkan cara pandang berbeda dalam meneliti dan jumlah data yang ada. Akhirnya Dr Yesson dan koleganya menggunakan data dari peta bawah laut US Geological Survey. Proyek pemetaan dasar laut tersebut dibuat dengan skala ketelitian 1 kilometer dan bisa mengidentifikasi kedalaman dasar laut.

Team Dr Yesson menggunakan peta dan menguji secara detail, mengadakan juga penelitian bentuk bentuk puncak gunung bawah laut, untuk membedkan gunung atau bukit bawah laut. Untuk menguji peta tersebut, tim Dr. Yesson menguji kembali kedalaman lautan. Dengan dasar ini tim tersebut bisa menjumlah gung bawah laut berdasarkan kedalaman lautan dengan ketelitian yang lebih rendah atau difokuskan per wilayah. Sehingga bisa mendapatkan data jumlah gunung di bawah laut secara global.

Seperti diketahui bahwa junlah gunung di bawah laut adalah sebesar 33.000 dan 138.000 bukit, gunung tersebut menutup 4 , 7 % dari luas lautan dan bukit bawah laut menutup 16, 3 % dasar lautan.Hanya sekitar 250 gunug yang sudah dilakukan survey biologis atau hanya kurang dari 1 %.

Gunung bawah laut adalah sebuah area yang tinggi kekayaan sumber hayati seperti kerang kerangan dan hewan spong yang merupakan makanan ikat dan hewan lainnya.
BBC News, 2 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar