Selasa, 08 Februari 2011

Pembelajaran Jarak Jauh di Gunung Es

BBC News

Para orang tua murid di Kota Sun Peaks, British Columbia, mendirikan sekolah berdikari di puncak bukit untuk arena bermain ski, karena mereka harus berjalan selama dua jam ke sekolah yang terdekat. Semikian laporan wartawan . Brandy Yanchyk reports dari Sun Peaks.



Sejak tanggal 19 Swptwmbwe tahun 2010, sebanyak 19 peserta didik dari umur 5 – 10 tahun memanfaatkan puncak bukit di Sun Peaks untuk membuat kelas sekolah sendiri. Tiap pagi mereka menggunakan ski untuk pergi ke sekolah dan kembali setelah matahari hampir tenggelam.

Sekolah yang mereka dirikan diberi nama Discovery Centre, di puncak bukit yang dikelilingi bukit bukit lainnya, Tod Mountain, Sundance Mountain dan Mount Morrisey.

Seperti kita ketahui, bahwa tidak semua guru memiliki kemauan untuk mengajar di puncak bukit untuk ski, karena tidak memiliki ketrampilan untuk bermain ski, apalagi harus mengasuh peserta didiknya dengan sistim ” outdoors” ditengah peserta didik mereka, beserta dengan lingkungannya, kecuali guru yang bernama Jillian Schmalz.

• Di Tengah Alam Pedesaan

Desa yang merke dirikan sekolah hanya dihuni oleh 400 warga tetap , tetapi pada saat musim dingin, daerah tersebut banyak dikunjungi p;eh turis dari Canada, AS, Australia dan Inggris untuk bermain ski.

Tetapi tahun kemarin orang tua murid menjadi kalang kabut gara gara sekolah yang terdekat telah ditutup, sehingga mereka harus bersekoah pada jarak yang lebih jauh lagi. Untuk menempuh sekolah yang baru tersebut mereka harus berjalan selama 2 jam.
Sekolah pada Desa British Columbuia tersebut, biasanya akan bertambah menurun jumlah siswanya dari tahun ke tahun, demikian pernyatan Walikota Sun Pwaks, Al Raine.. Mereka biasanya menghentikan sekolah anaknya dan bekerjasama dengan komunitas lainnya untuk membangun sekolah yang lebih besar lagi.

• Lingkungan Yang Indah

Para orang tua bersama sama membentuk komunitas pendidikan Sun Peaks dan keudian pada bulan Juni 2010 mereka bersama sama mendirikan sekolah untuk belajar anak anaknya. Hal ini bukan meruapak kendala bagi anak anak mereka yang telah akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Menurut Ketua Masyarakat Pendidikan Sun Peak (Sun Peaks Education Society ), Maria Cannon tujuan masyarakat mendirikan sekolah tersebut, adalah agar anak anak bisa bergaul dengan masyarakat sekitar bisa belajar dari lingkungan pegunungan yang menakjubkan.

Dengan dukungan masyarakat sekitar, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar 75,000 Canadian dollars (US$75,860) dari masyarakat setempat dan pengusaha .
Dengan dana sebesar itu, mereka merehab satu kelas untuk sekolah di District 73 dengan program utama belajar “ distance learning programme “. Tetapi tetap mengacu pada kurikulum “ British Columbia curriculum” , yang dirancang untuk anak anak untuk terlibat dengan model pembelajaran yang cocok untuk anak anak serta mandiri, Orang tua di rumah dihimbau untuk membimbing pembelajaran mandiri dan diharapkan orang tua mampu menelibatkan guru pengasuh.

Untuk peserta didik yang lebih tua mereka diberi saran belajar lewat computer untuk berkomunikasi dengan guru gurunya.

Program ini diterapkan untuk membelajari kemandirian dan kebebasan mereka salam belajar. Menurut salah seorang guru mereka yaitu Mrs Seafoot, program belajar jarak jauh “ distance education” melalui computer bermanfaat untuk membekalai peserta didik untuk masa depan mereka sebagai penduduk desa.
Dengan belajar jarak jauh “The online curriculum” menuntut peran orang tua salam pembelajaran di rumah, untuk membantu putranya menyelesaikan PR yan relative banyak (BBC News, Pebruari, 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar