Jumat, 25 Februari 2011

Misteri Migrasi Kura Kura Pantai


Camille Ebden koresponden BBC News, 25 Pebuari 2011 melaporkan bahwa kura kura laut mampu membaca peta pantai selama mereka menetaskan telurnya.

Hingga kini kita menjadi penasaran bagaimana bisa hewan seperti kura kura . mampu bersama sama melakukan migrasi hingga ribuan mil menyebrangi lautan, tanpa mengamati daratan pantai. Fenomena ini menjadi hal yang misteri.

Sekarang fenomena ini telah diteliti oleh University of North Carolina yag berhasil mendapatkan jawabannya.

Kua kura laut (Loggerhead sea turtles) mampu mengetahui posisi dirinya sendiri denga memanfaatkan dua susunan isyarat magnetic. Penelitian ini behasil mengungkap tabir misteri tentang migrasi hewan.

Tetapi penemuan ini juga bermanfaat bagi konservasi kura kura di masa datang, bukanhanya sekedar pemecahan misteri, demikian menurut Dr Kenneth Lohmann dari Universitas Noth California.

Meskipun beberapa species kura kura mampu mengetahui posisi GARIS BUJUR (latitude), tetapi mereka tidak bisa mengetahui posisi GARIS LINTANG ( longitude). Tetapi khusus kura kura pantai ( loggerhead turtles) sudah mampu mendaya gunakan panjang dan sudut medan magnet bumi, yang membuat para peneliti tercengang.
BBC News, 25 Pebruari 2011.

Jangan Paksa Anak Kita

Dewasa ini merebak di seluruh pelososk tanah air, terutama di kota kota besar tentang sistim pembelajaran “full day school” dari mulai peserta didik jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Sistim ini terutama diusung oleh sekolah yang ber-trsde mark sekolah favoutir atau sekolah yang sedang menggapai label ini. Sehingga praktis peserta didik aktif dalam pembelajaran setiap hari hingga 9 – 10 jam. Dan untuk sistim pembelajaran seperti ini banyak orang tua/Sali peserta didik yang menyambut baik, meski harus membayar SPP yang relative lebih tinggi dari sekolah lainnya.

Memang betul alasan utama orang tua yang menitipkan putranya di sekolah ini, adalah untuk mengalihkan waktu bermain dengan waktu waktu yang bermanfaat atau sebagian lainnya beralasan demi mencetak putranya sebagai “outcome” yang berkrebilitas sebagai “smart generation” nantinya.

Namun tindakan yang bijaksana dalam menyikapi sistim pembelajaran ini perlu dikedepankan justru demi perkembangan putra putra kita. Hal yang pertama menjadi bahan pertimbangan kita adal;ah ketahanan fisik putra putra kita yang sebenarnya masih dalam taraf anak hingga remaja. Bayangkan saja putra kita harus terlibat dalam aktifitas pembelajaran selama lebih dari 7 jam x 60 menit, yang harus mengerahkan kemampuan kognitifnya secara maksimal. Padahal ruang kognitif yang ada di otak manusia adalah sangat terbatas, dalam artian apabila ruang kognitif ini telah lelah maka tentu saja putra putri kita tidak akan mampu l;agi menggunakan memorinya.

Berdasarkan pengalaman empiris dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik hanya mampu mengoptimalkan seluruh inderanya hany 6 jam ( 60 menit), diluar batas tersebut secara variatif peserta didik sudah sulit untuk mengembangkan kemampuan memahami bahan ajar. Sehingga 3 -4 jam sisanya, akan sia sia untuk mengusung pembelajaran. Kecuali untuk kegiatan ekstrakurikuler, yang banyak menerapkan “learning by doing”, seperti pramuka, music, olah-raga ringan dan green-outbonding.

Padahal konsep pendidikan yang benar, adalah putra kita difasilitasi waktu yang cukup guna menggunakan psikomotorik dalam pemahanan bahan ajar. Aspek ini bisa diperoleh dengan merespon PR atau portofolio yang diberikan oleh pendidik. Disamping itu seoran anak yang sedang aktif mengalami perkembangan pribadinya, harus pula aktif berinteraksi dengan teman lainya terutama dengan teman yang sebaya. Asal orang tua pandai untuk menyisihkan waktunya untuk pengawasi proses interaksi social ini, tentunya seorang anak akan berkembang secara normal dalam aspek affektinya.

Memang dewsa ini sedang terjadi pencerahan secara intensif terhadap sistim pendidikan yang telah lama terpuruk. Sehingga setiap aspek yang terlibat dalam pendidikan anak bangsa sedang dibenahi secara maksimal oleh kementrian pendidikan nasional. Terutama dari aspek pendidik, pembelajaran inovatif, kesejahteraan pendidik dan yang penting lainnya adalah penerapan kurikulum Standar Isi yang ditetapkan mulai dari tahun 2006. Justru dengan model kurikulum tersebut sistim satuan pendidikan diberi keleluasaan dalam pencapaia kompetensi peserta didik. Bukankah dengan penerapan seperti ini kita diharapkan lebih bertindak bijak terhadap peserta didik.

Dengan sistim pembelajaran yang berkemas menyenangkan bagi siswa, tentunya menjadi pilihan alternative yang lebih manjur ketimbang komersialisasi sistim Full Day School, apalagi bila instrument pembelajaran guru mampu dipatok dengan cermat dan sungguh sungguh tentu kita akan mampu untuk mencerdaskan anak bangsa ini.

Sistim Full Day School hendaknya secara bijak hanya diterapkan kepada peserta didik yang akan mengikuti UASBN (evaluasi bahan ajar bukan UN) dan UN itu sendiri. Memang pada even ini peserta didik harus banyak menjalani drill guna kompetensi dan pada giliranya akan berhasil lulus dalam UN. Dalm kondisi seperti ini tentunya setiap peserta didik akan siap lahir batin untuk mengikuti program Full Day School.

Sebagai bahan perbandingan mari kita cermati sistim pendidikan di Inggris yang mulai menerapkan sistim pembelajaran 4 hari dalam satu minggu dan tiap hari hanya menerapkan pembejaran selama 6 jam per hari. Dalam menerapkan sistim tersebut tentunya mereka mengoptimalkan sistim pembelajaran seefektif mungkin, ketimbang memaksa kemampuan alami peserta didik.

Full Day Schol akan terasa lebih berat lagi bila peserta didik dibebani dengan bahan ajar yang jumlahnya relative banyak, contohnya untuk tingkat SMA putra kita harus menempuh rata rata 16 bahan ajar, baik kejuruan maupun umum. Bahkan untuk sekolah ekslusif keagamaan ditambah dengan muatan local bisa mencapai 21 bahan ajar. Batasan batasan tersebut di atas tentunya hanya mengedepankan aspek peserta didik hanya mampu menyerap bahan ajar yang memprihatinkan.

Oleh karena itu sebaiknya otoritas pendidikan di Indonesia lebih bersifat arif dalam mmenyikapi maraknya sekolah yang berambisi mengejar favoritas/bonafisitas dengan menerapkan sistim yang latah. Sebaiknya pemerintah lebih baik membina sekolah seperti tersebut di atas dengan mengedepankan sistim pembelajaran yang efektif, padat dan cermat dalam batas batas kemampuan fisik, psikhologis dan biaya yang dikeluarkan orang tua.

Kamis, 24 Februari 2011

DNA: Sebuah Misteri Kehidupan


Di tahun 1953, dua ilmuwan Cambridge University berhasil mempublikasikan sesuatu yang mampu menjawab pertanyaan mendasar di bidang biologi, yaitu bagaimana individu mereproduksikan mereka sendiri. Dalam laporan mereka yang ditulis di jurnal ilmah Nature, James D Watson dan Francis Crick membeberkan struktur kimia yang disebut deoxyribonucleic acid, atau DNA.

Setelah 6 tahun meninggalnya Crick Wellcome Library London, mempublikasikan semua hasil [penelitianya di dunia maya termasuk konsep Crick tentang rantai double helix DNA.

Publikasi DNA oleh mereka adalah upaya digitalisasi melalui akses on-line jutaan dokumen milik perpustakaan tersebut, termasuk penelitian pribadi Crick yang memberi sumbangan besar terhadap perkembangan sains dampai kini. Francis Crick meninggal di San Diego pada umur 88 tahun.


Cerita kesuksesan Crick dimulai pada 28 Pebruari 1953, ketika dia mulai mempublikasikan penemuanya di Eagle pub di Cambridge, dia menyampaikan kepada teman temanya, bahwa di dengan teman amerikanya James Watson berhasil menemukan “ Secret of life”. Pada hari itu Crick dan Watson memang telah memecahkan rahasia hidup, lantaran menemukan struktur DNA, yang diketahui sebagai ikatan ganda yang berpilin (double helix). Struktur tersebut membentuk rantai dan mampu menggandakan dirinya sendiri dengan membawa infoemasi genetic.
Rantai double helix DNA disusun oleh 4 bahan kimia yang disebut, adenine (A), cytosine (C), guanine (G) and thymine (T). Jika salah satu rantai diisi basa adenine, maka rantai lainnya harus dipasangkan dengan thyamin, dan bila rantai diisi Cytosin, maka rantai lainnya harus Guanin
Inilah yang disebut penemuan revolusioner, sumbangan terbesar dalam ilmu pengetahuan, setelah Darwin menemukan teori Evolusi. Crick saat itu berumur 38 tahun, meskipun dia tidak menyandang PhD. Hasil studinya itu ditunda sementara karena meletusnya PD II.

• Implikasi Luas

Crick dikenal sebagai ahli molekul biologis dan bekerja di ;Lboratorium Cavendish Universitas Cambridge. Tidak berapa lama dia mengenal James Watson, pria yang 10 tahun lebih muda dia dan langsung aktif dalam diskusi mengenai struktur DNA. Mereka berdua juga banyak mendapat informasi dari ilmuwan lainnya, diantaranya adalah : Maurice Wilkins dan Rosalind Franklin dari King's College London. Tetapi yang paling essensi dari penemuannya itu adalah hasil yang didapatkan dari penembakan sinar X tentang molekul DNA.



Hasil penemuanya itu banyak digunakan dalam bioteknologi dan menjadi factor essensi tentang penelitian di bidang biologi, kesehatan, pertanian, ilmu forensic dan lain sebagainya. Francis Crick lahir 8 Juni 1916 di Northampion putra seorang pengusaha sepatu. Setelah penemuanya ini Crick berdomisili di San Diego pada tahun 1977untuk menempuh PhD dan memecahkan lebih lanjut tentang kode genetic.
Pada tahun 1981 dia mempublikasikan versi asal usul kehidupan yang berasal dari mikroorganisma dari planet lain yang ditempatkan di bumi, dengan menggunakan pesawat ruang angkasa dari masyarakat planet yang lebih maju.
BBC News, Pebruari 2011

THE THUNDER THIGHS


Para ilmuwan telah menamakan species baru Dinosaurus dengan sebutan "thunder-thighs" , sebab mereka species baru tersebut memiliki ukuran otot paha yang besar.
Berdasarkan fosil yang ditemukan di galian wilayah Utah, AS, yang tercecer dari bagian lainnya tetapi cukup untuk merancang bangun organisma yang memiliki kaki yang besar dan kuat.

Species baru itu telah dilaporkan di journal Acta Palaeontologica Polonica, organisma tersebut adalah “sauropod” – sa;lah satu organisma family dinosaurs, seekor hewan yang berciri leher dan ekor yang panjang.
.
Diperkirakan organisma tersebut memiliki langkah kaki yang panjang, demikian pernyataan para ilmuwan. Menurut Dr. Mike Taylor dari University College Londonhewan tersebut diasumsikan adalah hewan yang mampu melangkah.menendang dengan kuat.Sehingga mampu mengalahkan predator lain.


Para ahli mengidentifikasikan organisma tersebut sebagai Brontomerus mcintoshi - from the Greek "bronto", yang berarti halilintar atau "thunder"; dan "merĂ³s", yang berarti paha atau "thigh".

Tulang fosil yang ditemukan dalah dua specimens – diperkirakan telah berumur 110 juta tahun yang lalu dan ditemukan di kawasan Hotel Mesa Quarry in Grand County, Utah. Daerah ini terkenal daerah yang sering diburu oleh pemburu fosil komersil.
Fosil tulang yang ditemukan diperkirakan adalah tulang pinggul yang disebut ilium, yang memliki perbandingan ukuran relative besar disbanding dengan dinasaurus lainnya.Dengan ukuran tulang yang sebesar itu, para ahlipun bisa memprediksi ukuran otot yang melekatnya.

Dengan ukuran bagian tulang yang lebar dan meluas ke atas dan depan lubang pinggul, maka kita mampu memprediksi ukuran otot yang melekatnya. Menurut para ahli organisma purba tulang fosil yang berukuran besar tersebut adalah fosil dari hewan induk/ibu, dengan asumsi berat tubuhnya mencapai 6 ton dan panjang tubuhnya mencapai 14 meter , sama seperti ukuran seekor gajah.
Sedangkan fosil lainya diperkirakan adalah anak dari ibu tersebut dengan bobot 200 kg dan panjangnya mencapai 4, 5 meter.

Brontomerus hidup di masa yang menurut ahli geologi disebut Early Cretaceous Period.

BBC News, Pebruari 2011.

Minggu, 20 Februari 2011

Equinox

         day time day time day time day time
2004 20 06:49 21 00:57 22 16:30 21 12:42
2005 20 12:33 21 06:46 22 22:23 21 18:35
2006 20 18:26 21 12:26 23 04:03 22 00:22
2007 21 00:07 21 18:06 23 09:51 22 06:08
2008 20 05:48 20 23:59 22 15:44 21 12:04
2009 20 11:44 21 05:45 22 21:18 21 17:47
2010 20 17:32 21 11:28 23 03:09 21 23:38
2011 20 23:21 21 17:16 23 09:04 22 05:30
2012 20 05:14 20 23:09 22 14:49 21 11:12
2013 20 11:02 21 05:04 22 20:44 21 17:11
2014 20 16:57 21 10:51 23 02:29 21 23:03
2015 20 22:45 21 16:38 23 08:20 22 04:48
2016 20 04:30 20 22:34 22 14:21 21 10:44
2017 20 10:28 21 04:24 22 20:02 21 16:2
Equinox yang terjadi pada bumi berlangsung 2 kali setahun, tepatnya saat sumbu Bumi berinklinasi terhadap matahari, baik menjauhi ataupun mendekati matahari. Sedangkan peredaran semu matahari tepat di equator.

Fenomena equinox dapat digunakan untuk penanggalan pasang surut air rob.

Equinox berasal dari Bahasa Latin : aequus (sama) dan nox (malam), sebab bila posisi bumi dalam keadaan equinox, panjang malam dan siang akan sama. Hal ini bisa kita pahami bahwa latitudes (bola langit) +L dan -L , Utara dan Selatan sama panjangnya.
.
Pada posisi equinox, matahari berada di salah satu titik bola langit (celestial sphere), titik itu berujung di cakrawala dan yang saling berlawanan. Lengkungan equator (celestial equator) saat itu tegak lurus dengan ecliptic. Pada saat inilah terjadi deklinasi 0. Pada posisi equinox ini posisi matahari pada lengkungan equator bisa berada tepat di atas kepala kita, terkjadi khusus pada Tgl 21/22 Maret dan 22/23 September tiap tahun.

Satu hari tepat pada equinox. Matahari sepenuhnya berada di atas kepala kita dan panjang malam serta siang sama.

Secara umum lama satu hari disefinisikan sebagai perioda saat sinar matahari mencapa permukaan bumi Bila kita amati dari bumi, matahari terlihat seperti piring bukan terlihat seperti seberkas cahaya. Pada keadaan ini berarti bola matahari berada di horizon, sehingga masih berada dalam batas pandang kita. Dengan demikian semua berkas sinar mampu mencapai horizon dan dibiakan oleh atmosfer.


Pada saat equinox, panjang hari antara siang dan malam relative sama, yaitu masing masing sepanjang 12 jam. Kondisi demikian disebut dengan equilux. Disebabkan waktu matahari terbit dan tenggelam sangat bervariasi tergantung lokasi di bumi, maka equilux juga bergantung pada posisi di bumi, dan tidak pernah terjadi di lokasi yang jauh dari equator.

Selain itu pergiliran musim yang terjai di bumi, bergantung dari rotasi bumi terhadap sumbunya yang berada di orbit bumi. Sumbu bumi ini membuat sudut 23.44° terhadap orbit bumi sendiri. Kemiringan ini disebut dengan sudut axial tilt. Sebagau konsekuensinya setiap setengah setahun sekali (dari March 20 hingga September 22), belahan bumi Utara condong mendekat ke matahari. Jarak dengan matahari mencapai maksimal pada June 21, sementara itu belahan bumi Selatan mulai mendekat pada setengah tahun berikutnya, dan mencapai puncaknya pada December 21. Sementara itu bila matahari berada di atas equator maka kutub Utara dan Selatan berada pada posisi berimbang

Sabtu, 19 Februari 2011

Pembelajaran Tanpa Kata Kata


Sejumlah kata kata, seperti "koob" atau "zort" dan lain sebagainya, adalah kata yang diprogramkan otoritas pendidikan Inggris untuk diajarkan pada anak usia 6 tahun.

Gagasan ini adalah sebuah upaya pengkritisan dari sejumlah pustakawan Inggris, untuk mencegah anak anak di Negara Inggtis yang sedang aktif belajar membaca. Komunitas pustakawan (The UK Literacy Association) menjelaskan program tersebut ditujukan agar anak anak mengerti arti kata kata yang sulit.

Menanggapi masalah tersebut kementrian pendidikan setempat memberi kebijakan pada upaya pengenalan makna tertentu tanpa pengucapan kata, tetapi dengan pengenalan kata (phonics). Pembelajaran dengan membaca ini, tentunya akan membiasakan anak anak mengucapkan kata kata tertentu daripada menulis.

Metoda Non-words (dengan gambar) ini tentunya akan menyertakan anak anak pada ruang memorinya untuk menyimpan kata kata tersebut. Untuk itu kemetrian pendidikan setempat mencanangkan evaluasi pada anak anak untuk mengenal 40 obyeks yang bervariasi dalam kata atau non kata (gambar). Evaluasi tersebut dilakukan hanya dalam waktu 10 menit.

Menurut President UK Literacy Association David Reedy penerapan metode “non – word “ bertujuan agar anak mampu merespon aktif apa yang mereka baca atau lihat. Dalam hal ini pembelajaran pun perlu duteruskan dengan evaluasi berkelanjutan. Setiap evaluasi hanya berlangsung selama 10 menit, untuk mengenalkan 40 obyek kepada anak. Evaluasi yang dilakukan otoritas tersebut, bertujuan untuk mengontrol variasi variable, seperti “makna kata” yang tidak menghalangi anak anak belajar membaca.
Dalam test tersebut sekaligus pembelajaran kepada anak anak untuk menguasai kata dengan metode “phonic”.

Dengan pembelajaran model ini banyak kata kata yang kita kuasai lantaran menerapkan metoda melihat dan mengucapkan, demikian juga dengan anak anak kita yang mengenal kata 'the' and 'once'. Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris bukan bahasa yang besifat phonically seperti Bahasa Jerman dan Perancis.

Oleh karena itu anak anak sebaiknya memperoleh informasi pendukung sebelum dikenalkan kata itu. Dan disinilah essensi belajar membaca pada anak anak tanpa metoda “kata kata”.(BBC News, 2011).

Jumat, 18 Februari 2011

A u r o r a


Aurora (jamak: auroras atau aurorae) adalah display cahaya alam diangkasa, khususnya di daerah kutub yang disebabkan terjadinya tumbukan antara partikel bernuatan yang menerpa bumi. Aurora biasanya dilihat di malam hari dan terjadi di Ionosfer/ Fenomena ini terjadi pada posisi 60 dan 72 garis lintang baik utara maupun selatan. Sehingga kerap terjadi di daerah Arctic dan Antartic.

Di garis lintang Utara aurora yang terjadi di sebut dengan aurora borealis (or the northern lights), nama ini diberikan setelah kejayaan Roma runtuh, Aurora, adalah berasal dari Bhasa Latin yang artinya Utara


Keempatan untuk melihat aurora borealis semakin besar bila kita mendekati Kutub Utara dan disini aurora terlihat semakin jelas dan menggantung di langit., berpendar di horizon utara dan terlihat warna hijau dan kemerah merahan. Aurora borealis semakin jelas bila posisi bumi mencapai equinoxes.

Aurora yang terbentuk di belahan langit selatan disebut dengan aurora australis ( southern lights), aurora ini memiliki kesamaan dengan belahan utara, tetapi hanya bisa terlihat di Antarctica, South America, or Australasia. Australis adalah bahasa Latin yang berarti selatan. Aurora selayan sebagian besar dapat dilihat dekat dengan kutub yang lebih lama dibawah kegelapan (tanpa sinar matahari).

• Terjadinya Aurora

Aorota dihasilkan karena emisi photon di atmosfer bawah bumi dengan ketinggian 80 km, kejadian ini karena Nitrogen terionisasi memperoleh elektron , bersamaan dengan itu oksigen dan nitrogen kembali dari lapisan aktif ke lapisan dasar. Kedua atom tersebut akhirnya menjadi terionisasi atau aktif ( excited)setelah bertumbukan dengan partikel yang terbawa badai matahari. Sehingga oksigen dan nitrogen terbawa ke bawah dan bergerak bersama mengikuti spectrum magnet bumi, energi yhang aktif akhirnya meluruh karena membentuk photon cahaya . Oleh karena itu Aurora digolongkan ke dalam 2 jenis:

1.Emisi Oksigen, membentuk aurora hijau dan kecoklatan dan warna lainnya tergantung dari energi yang diserap.

2. Emisi Nitrogen menghasilkan aurora berwarna biru atau merah. Biru apabila atom memperoleh kembali electron setelah terinosasi. Merah apabila atom kembali dari kukit dasar kembali ke kulit aktif.

Oxygen adalah atom yang biasanya kembali ke dan memerlukan tiga perempat detik untuk mengemitasi cahaya hijau dan lebih dari 2 menit untuk mengemitasi warna merah. Tumbukan dengan atom dan molekul lainnya akan menyerap energi eksitasi dan menyebabkan tidak timbulnya emisi.

Bagian palin atasdari atmosfer tersusun dari sebagian besar persentasi oksigen, yangmiskin dengan tumbukan, oleh karena itu bagi oksigen tidak cukup mengemitasi warna merah. Tumbukan lebih sering terjadi di bagian bawah atmosfer, sehingga emisi merah tidak berlangsung.

Hal ini tentunya tergantung juga dengan ketinggian, pada ketinggian yang banyak oksigen dengan dominasi warna merah, oksigen warna hijau dan nitrogen biru.merah Ternyata warna hijau adalah warna yang paling umum. Kemudian warna pink , campuran antara hijau dan merah, kuning ( campuran merah dan hijau) dan terakhir warna biru murni.

Aurora adalah perpaduan antara badai matahari, aliran ion yang terus dilemparkan matahari. Lapisan magnet bumi terjebak dalam partikel matahari ini, sebagian besar dari merka menuju ke kutub yang merupakan bagian bumi yang terdekat.

Tumbukan dengan ion ion matahari di atmosfer yang mengandung atom dan molekul menyebabkan pembebasan energi untuk membentuk aurora. Aurora akan bertambah jelas bila aktifitas matahari meningkat, atau pada fase (coronal mass ejections) peningkatan emisi.


Secara khusus aurora nampak berkonfigurasi pada arah timur barat. Terkadang aurora tergelar melengkung,. mereka relative tidak berubah susunanya. Setiap ujung
Auora tersusun juga ujung ujung berkas sinar , tiap ujung berkas tersebut tersusun dari berkas yang parallel.
Tiap susunan sinar menggambarkan peta magnetik

Meski aurora diberi nama pertama kali oleh nenek moyang bangsa Latin yaitu Pytheas, Hiorter dan Celsius yang pada tahn1741 mengemukakan hubungan dengan magnet, atau lebih lanjut dikemukakan bahwa adanya fluktuasi magnet yang besar mampu menyebabkan timbulnya aurora. Hal ini dibuktikan belakangan bahwa arus listrik yang berinteraksi dengan aurora akan timbulk di wilayah yang terjai aurora.
Kristian Birkeland (1908) membuktikan bahwa arus listrik menalir ke arah timur-barat sepanjang lengkungan aurora atau arus listrik mengalir dari arah hari terang ke arah malam (barat). Arus listrik yang demikian disebut "auroral electrojets"
Pada Februari 2008, sebuah misi penjelajahan yang diberi nama THEMIS telah mengadakan observasi dan mengemukakan teori magnetospheric substorms. Selama mengadakan penjelajahan yang menempuh jarak 1/3 jarak bumi ke bulan telah mempublikasikan bahwa peran magnetic berlangsung selama 65 detik sebelum terjadinya aurora.


Bumi secara constant telah tenggelam dalam plasma yang ditebar matahari, yang terdiri dari gas yang bebas dari electron aktif dan juga ion positif. Kesemua plasma tersebut telah dilempar matahari ke semua arah bumi. Plasma ini diterima bumi dalam kondisi hangat, karena bagian luar matahari bertemperatur hingga jutaan Celsius.

Badai matahari yang diterima bumi berjalan dengan kecepatan 400 km/s, kepadatan materi adalah 5 ions/cm3 dengan intensitas magnetic sebesar 2–5 nT (nanoteslas; lapisan bumi pada umumnya memiliki 30,000–50,000 nT). Pada kejadian badai magnetic aliran magnetic tersebut akan bertambah dan lapisan magnet antarplanet/interplanetary magnetic field (IMF) akan bertambah kuat.

Lapisan magnet bumi (Earth's magnetosphere) yang terbentuk akan bertumbukan dengan angina matahari. Hal ini tentunya akan membentuk blockade terhadap angina matahari tersebut sepanjang lapisan magnetic bumi.yang berjarak 70.000 km hingga ketinggian 12.000 km Magneroshere bumi akan penuh dengan ion badai matahari yang terjebak tapi kemudian akan mampu melewati hingga bergerak menuju kutub.

Kamis, 17 Februari 2011

Anti-Laser Sebuah Penemuan Baru Di Bidang FISIKA

Departemen Iptek BBC News, 17 Pebruari melaporkan bahwa ahli ahli fisika dunia telah berhasil menciptakan peralatan anti sinar laser yang pertama kali.
Peralatan anti laser tersebut dirancang bangun oleh tim dari Yale University, peralatan tersebut mampu menyerap berkas sinar laser secara keseluruhan/
Tetapi penemuan ini tidak dimaksudkan untuk tujuan senjata anti laser yang berkekuatan besar. Demikian pernyataan tim ilmuwan yang menemukan.

Maksud dan tujuan penelitian ini madalah untuk supercomputer generasi mendatang, yang menggantikan komponen computer dengan cahaya bukan dengan komponen elektronika.
Professor Douglas Stone dan anggota tim dari Yale University sepenuhnya telah mengembangkan teory tentang peranan zat yang mampu dijadikan bahan dasar laser.

• Sinar Laser Misterius

Berdasar rancangan sinar laser yang berkembang akhir akhir ini, yang dihasilkan oleh peralatan khusus yang tidak mengacu pada konsep laser tradisional, Professor Stone mengemukakan bahwa rancang bangun peralatan anti laser tersebut berdasarkan teory yang ada untuk membentuk sinar laser.

Teori yang diusungnya juga mampu merancang penguatan sinar (amplifying light) dalam proses pengumpulan sinar. Oleh karena itu dengan teori tersebut pula mereka merancang peralatan penyerap berkas sinar laser yang dihasilkan tersebut.

• Cara Yang Biasa untuk Membentuk Sinar Laser

1. Sinar yang dihasilkan dari pengumpulkan berkas sinar (A laser is a device that can produce a beam of coherent light )

2,Sinar ini dihasilkan karena effek lompatan energi atau lompatan electron. Karena electron mampu menghasilkan cahaya (The beam is produced using a quantum effect, whereby electrons can be made to emit light)

3.Sinar Laser dibentuk dari perlakuan electron dalam dengan tingkat energi medium, biasanya dengan energi tenaga listrik (That is achieved by stimulating electrons inside a gain medium, typically using an electric current).

4.Dengan menggunakan resonator berkas sinar dikuatkan untuk membentuk berkas sinar laser (Resonators are used to amplify the light produced to form the intense beam).

Peralatan yang dirancang oleh ilmuwan menghasilkan dua berkas sinar laser dengan frekuensi gelombang cahaya yang berbeda, Perbedaan ini disebabkan penggunaan silicon yang membentuk ruang optic. Silikon dan ruang optiknya tersebut akan menangkap berkas laser dan meluruhkan semua energinya.

Pada la[pran ilmiah yang dipublikasikan oleh “ the journal Science “ mereka berhasil mendemonstrasikan kemampuan anti-lasr yang mempu menyerap 99.4 per cent sinar laser. Untuk panjang gelombang tertentu.

• Kecepatan Cahaya.

Berbedanya panjang gelombang yang masuk mampu secara efektif mematikan atau mengaktifkan peralatan tersebut, sehingga kelebihan ini bisa digunakan untuk merancang saklar boptic. Demikian dilaporkan oleh Professor Stone pasa BBC News.
Merancang bangun pealatan yang dapat menyerap gelombang cahaya dalam kisaran yang luas adalah hal yang sederhana, tetapi merancang peralatan untuk panjang gelombang tertentu membutuhkan perhitungan optic, demikian lebih lanjut Professor Stone menuturkan.

Keuntungan besar dari ditemukan alat ini, adalah penggunaan silicon yang sebagian besar telah digunakan dalam computer. Energi yang dihasilkan laser salah satunya adalah energi panas, maka anti laser ini mampu untuk meredam energi panas ini.

Guru Dengan Semangat Baru

Telah menjadi kesepakatan kita bersama bahwa dewasa ini Depiknas dan seluruh jajaran institusi yang terkait dengan sistem pendidikan nasional telah berupaya seoptimal mungkin dalam menggulirkan perubahan besar – besar terhadap pendidikan yang terintegrasi, sistematis dan terarah.

Terdapat urgensi yang terselip di balik itu semua, yaitu tentang masa depan generasi kita yang harus tangguh dalam menghadapi kompleksitas di tengah Masyarakat Indonesia yang pesat mengalami social changes, karena pengaruh globalisasi. Maka keterpurukan sistim pendidikan yang telah kita akui bersama dan bila dihadapkan pada coincide penyiapan kemajuan bangsa, maka perubahan sistim pendidikan nasional haruslah dalam naungan suatu revolusi.

Betapa tidak , sebuah negara yang pada Tahun 1975 masih mengalami konflik politik sehingga telah kehilangan segala-galanya. Namun diluar dugaan lantaran keseriusan dalam menggarap sistim pendidikan nasionalnya, maka prestasinya sekarang bread di atas kita. Sebut saja negara tersebut adalah Vietman.
Menurut survey yang dilakukan oleh International Education Achievment ( I E A ), indeks pengembangan manusia ( Human Development Index ) kita masih sangat rendah. Menurut data tahun 2004, dari 117 negara yang disurvei, Pengembangan Sumber Daya Masyarakat Indonesia berada pada peringkat 111 dan pada tahun 2005 peringkat 110 dibawah Vietnam yang berada di peringkat 108 (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima, Th 2008 ).

Padahal pada kurun waktu Tahun 1970 - 1975 kita telah memulai pembangunan dengan menapaki PELITA I I. Bangsa Indonesia telah membenahi bidang pendidikan sebagai pilar utama peningkatan kualitas bangsa cukup diperhatikan. Paling tidak saat itu, pada tahun l974, dibangun 6.000 Sekolah Dasar (SD) INPRES, meningkatkan mutu 1000 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 1.427 SMP yang ada saat itu, melengkapi 200 SMA dari 421 SMA yang ada saat itu. Sedang Perguruan Tinggi yang berjumlah 29 semakin dikembangkan ( Harian Online Damandari, 2003 ).

Melihat kenyataan tersebut maka wajar saja apabila kita bersikap prihatin, namun tindakan kita yang paling bijak sebagai pendidik adalah menaruh perhatian yang serius. Bukankah sitim pendidikan nasional adalah asset prestis kita semua. Sehingga apabila terjadi keterpurukan terhadapnya, maka kita sebagai pendidik adalah yang paling depan dalam memikul tanggung jawab.

Oleh karena itu kita tidak mungkin untuk bertindak skeptis dalam menyikapi fakta tersebut. Minimal harus terbesit dalam hati kita untuk memulai langkah moral dalam mengejar ketertinggalan kita. Kita harus sigap dalam memulai bergulirnya sebuah revolusi pendidikan. Hanya dengan semangat yang tinggilah semua tugas moral kita untuk mengentaskan sistim pendidikan nasional kita menjadi ringan

Indonesia Di Tengah Dinamika Politik

Letak geografis indonesia yang berada persis di tengah - tengah dua samudra di sebelah Barat dan Timur serta dua benua di sebelah Tenggara dan Barat Laut, memberikan specifikasi tersendiri sebagai negara yang harus diperhitungkan oleh bangsa lain, terutama dalam aspek geostrategi dan geopolitik.Disamping itu Indonesia memiliki kekayaan alam yang tiada bandingnnya yang tersimpan di 17. 504 pulau ( Wikipedia, 2004 ).

Sebagian dari pulau yang kita miliki tersebut sekitar 6.000 di antaranya merupakan pulau yang tidak berpenghuni, dan sudah semestinya masih mengandung kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya Semua pulau-pulau tersebut terhampar menyebar di sekitar katulistiwa dan memberikan cuaca tropis. Tercatat pula bahwa disamping kekayaan alam yang tiada bandinmgnya, Indonesia juga memiliki lebih dari 400 gunung berapi and 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif, sebagian dari gunung berapi tersebut terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan.
Yang lebih memikat para cendikiawan dunia guna pengembangan sains dan teknologi bahwa Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif .Sudah brang tentu kondisi daya dukung alamiah yang kaya tersebut, jelas-jelas menarik minat bangsa penjajah untuk mengeksploitir kekayaan alam milik kita. Terbukti sejak Tahun 1602 Bangsa Belanda, disusul kemudian Bangsa Inggris dan Portugis serta Bangsa Jepang telah berhasil menkmati kekayaan alam kita. Disamping merampas kekayaan alam kita yang tak ternilai harganya, khusus Bangsa Belanda juga telah mengeksploitir tenaga / kehidupan / hak azasi anak bangsa guna kemakmuran mereka, selama 3, 5 abad lamanya.Seperti kita ketahui bersama bahwa dengan kondisi geografis alam yang melingkungi negara kita, menyebabkan terbentuknya ± 316 suku bangsa dan bahasa daerah yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia, masing –masing dengan corak budaya yang berbeda.

Hal ini tentunya membawa berkah tersendiri bagi kita , yang secara dialektis menempatkan keberagaman ini bukan sebagai faktor penghalang dalam upaya pencapaian hidup bersama. Tetapi justru malah mampu melatarbelakangi upaya pencarian instrumen yang mampu menjembatani perbedaan tersebut . Hingga lahirlah suatu Instrurnen pemersatu yang mampu diterima semua komponen penyusun bangsa dan negara ini, yang tak lain adalah Idiologi Pancasila, yang telah terpenetrasi jauh ke kalbu setiap anak bangsa ini.

Namun demikian dalam perjalanan hidup bangsa ini yang terus bergulir menuruti roda waktu, silih bergantinya perseteruan / goncangan / perbedaan pendapat terhadap sesama anak bangsa turut memperkaya perjalanan Bangsa Indonesia di tengah pergaulan kehidupan berpolitik, berbangsa dan bernegara. Namun kita tetap berbangga diri lantaran kita berhasil membangun monumen politik Indonesia beruapa even politik bersejarah, yaitu berupa deklarasi bersama tentang itikad bernegara pada Tanggal 17 Agustus 1945 yang dideklarasikan oleh Soekarno dan Hatta.2Sebagai negara yang baru saja memperoleh prestis politik yang monumental, beragam langkahpun telah diderapkan oleh putra-putra bangsa guna membangun negara ini dalam kerangka ekonom, politik, pendidikan kesehatan dan semua sendi kehidupan Rakyat Indonesia . Dinamika inipun tak luput dari perbedaan politik / pandangan umum tentang negara, yang meliputi sistim politik, ideologi, arah pembangunan dan lain sebagainya. Tercatat dalam sejarah idelogi komunis , liberalisme, pendirian NII oleh kelompok agamis pernah aktif ,mewarnai wajah perpolitikan Indonesia sebagai negara yang baru lahir ini. Sudah barang tentu perbedaan pola pandang tentang berbangsa dan bernegara ini membuat Rakyat Indonesia menjadi terpolarisasi dan mengkristal ke dalam ranah politik masing – masing pada dekade sebelum

Tahun 1965. Selama dekade tersebut munculah Idiologi Komunis yang berkembang pesat melalui instrumen politik Partai Komunis Indonesia ( PKI ), yang merencanakan mengadopsi komunis di Indonesia dengan paksa. Rakyat Indonesiapun saat itu menyambut antusias terbentuknya partai ini yang menjanjikan kesejahteraan rakyat yang masih berada di strata terbawah karena kemiskinanya. Slogan untuk penghapusan kelas, yang dikenal dengan nama slogan sama rata sama rasa begitu bergaungnya. Sehingga pada Pemilu Tahun 1955 PKI berhasl mendapatkan 6 juta suara ( Saat itu jumlah Rakya Indonesia baru berjumlah ± 50 juta jiwa ).
Hal ini meruapakan pertanda bahwa PKI kala itu banyak diterima di hati Rakyat Indonesia.
Namun sejarah mencatat sesuatu yang berbeda dengan yang diharapkan oleh hati rakyat, ketika pada Bulan September 1965, PKI berusaha mengambih alih negara ini dengan melakukan kudeta berdarah di bawah scenario DN Aidit, yang bertujuan hendak memaksakan kehendak rakyat banyak dalam menerapkan idiologi Komunis. Kenyataan itu berhasil membukakan mata dan hati Rakyat Indonesia yang sebelum itu menaruh simpatik., Kenyataan ini akhirnya menyebabkan air mata Ibu Pertiwi kembali menetes, karena di persadanya telah terjadi banjir darah karena perseteruan antara anggota partai komunis dan kontra komunis Pada Tahun 1966, yang berlangsung sebagian besar di P, Jawa dan Bali. Bencana yang berujud tragedi kemanusiaan begitu memilukan hingga jatuh korban jiwa untuk para pendukung / simpatisan PKI, tercatat sebanyak 2 juta pendukung / simpatisan PKI dieksekusi dan 200,000 lainnya di penjara tanpa diadili menurut norma hokum.

Kita sambut dengan tangan terbuka bila terdapat anasir baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin melakukan pencerahan kepa Rakyat Indonesia yang seharusnya mendapatkan statement mengenai tragedi ini sebenarnya. Namun demikian alangkah lebih baiknya bila tragedy tersebut dijadikan pelajaran berhaga untuk masa – masa mendatang dalam naungan kehidupan berpolitik, berbangsa dan bernegara.

Dengan aksi pembersihan massal terhadap setiap unsure yang berbau komunis / PKI,
yang dilancarkan Soeharto maka berakhir sudah wajah politik Orde Lama dan tertancaplah tonggak kekuasaan Orde Baru. 3Selama berlangsungnya rezim Orde Baru tercapailah pembangunan di segala bidang, dengan konsep pembangunan Rencana Pembangunan Lima Tahun, yang pada finalnya pemerintah era Orde Baru berniat membawa Rakyat Indonesia ke era tinggal landas menuju Masyarakat Adil Makmur berdasarkan Pancasila, setelah semua kerangka landasan dan setiap sendi kebutuhan Masyarakat Indonesia disiapkan terlebih dahulu pada Pelita sebelumnya. Perekonomian Indonesia pada Tahun 1966 berada pada titik paling rendah. Setelah itu upaya pembangunan yang sistematis mulai dilaksanakan melalui serangkaian pembangunan lima tahunan dan berjangka dua puluh lima tahun berdasarkan arahan-arahan GBHN. Repelita I dalam PJP I dimulai pada tahun 1969/70.

Agar pencapaian sasaran pembangunan dapat terwujud secara optimal dan sesuai dengan yang digariskan, maka sasaran-sasaran pembangunandipilah dalam berbagai bidang dan sektor pembangunan. Seluruh kebijaksanaan dirancang dandilaksanakan dalam kerangka Trilogi Pembangunan. Selama PJP I, laju pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 6,8 persen dengan laju pertumbuhan penduduk telah dapat ditekan rata-rata di bawah 2 persen per tahun, pendapatan per kapita meningkat lebih dari 11 kali (dinyatakan dalam US$ pada harga yang berlaku) menjadi di atas US$ 800. Dalam dua tahun Repelita VI, laju pertumbuhan ekonomi mencapai 7,5 persen dalam tahun1994 dan 8,1 persen dalam tahun 1995.

Pertumbuhan itu telah melampaui sasaran (baru) yangditargetkan dalam Repelita VI yaitu sebesar 7,1 persen rata-rata per tahun.Dalam Repelita VII, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk ditargetkan di atas 7persen dan 1,4 persen rata-rata per tahun. Dengan kedua sasaran ini, pendapatan per kapita padaakhir Repelita VII diharapkan dapat mencapai sekitar US$ 1.400 (berdasarkan US$ 1993), atau sekitar US$ 2.000 pada harga yang berlaku. Pada saat itu ekonomi Indonesia telah dapat digolongkan kedalam negara industri baru ( Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Ketua Bapenas, 1996 ).

Kita akui bersama bahwa kala itu Soeharto berhasil melakukan perubahan besar pada setiap sektor, seperti pendidikan, Keluarga Berencana, kesehatan , keamanan dan stabilitas politik, keutuhan wilayah Indonesia.. Namun semakin lama Soeharto memerintah negeri ini, semakin banyak pula tokoh politik yang mengkritik , apalagi memasuki Tahun 1977 bertepatan dengan krisis yang melanda dunia ( Asia khususnya ). Indonesia hingga kini belum mampu untuk mengatasi krisis tersebut. Bahkan cebderung melebar menjadi krisis multidimensional.

Terdapatnya kebocoran anggaran negara sebesar 30 % , sebagai akibat budaya korupsi yang diidap oknum mpejabat negara dari bawah hingga pusat, menyebabkan kian tewrperosoknya Indonesia dalam badai krisis .Dan Soehartolah yang pertama kali dituding sebagai penyebab kehancuran ekonomi Indonesia.. Sehingga pada Tahun 1977 terjadilah gelombang demo besar – besaran yang menuntut pengunduran diri Soeharto. Meski Soeharto mencoba mendirikan Komisi Reformasi untuk menyurutkan aksi demo, namun niatan ini sama sekali tidak 4mempengaruhi idealisme mahasiswa dan Rakyat Indonesia. Sehingga tidak ada jalan lainnya kecuali mengundurkan diri 21 Mei 1998.Setelah pengunduran diri Soeharto, maka panggung politik Indonesia berganti dengan Sistim Politik Reformasi, yang bersendikan kebebasan berpolitik,
mengeluarkan pendapat dan Supremasi Hukum. Termasuk tuntutat Soeharto atas tuduhan korupsi selama 30 tahun, melalui yayasan – yayasan yang didirikan keluarga

Soeharto.Hasil penyidikan kasus tujuh yayasan Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman. Berkas ini berisi hasil pemeriksaan 134 saksi fakta dan 9 saksi ahli, berikut ratusan dokumen otentik hasil penyitaan dua tim yang pernah dibentuk Kejaksaan Agung, sejak tahun 1999.Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan 15–35 miliar dolar A.S. selama 32 tahun masa pemerintahannya

Pada 12 Mei 2006, bertepatan dengan peringatan sewindu Tragedi Trisakti, Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto pada tujuh yayasan yang dipimpinnya dengan alasan kondisi fisik dan mental terdakwa yang tidak layak diajukan ke persidangan. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006, namun SKPP ini lalu dinyatakan tidak sah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 12 Juni 2006.Hasil penyidikan kasus tujuh yayasan

Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman. Berkas ini berisi hasil pemeriksaan 134 saksi fakta dan 9 saksi ahli, berikut ratusan dokumen otentik hasil penyitaan dua tim yang pernah dibentuk Kejaksaan Agung, sejak tahun 1999.
Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan 15–35 miliar dolar A.S. selama 32 tahun masa pemerintahannya.Pada 12 Mei 2006, bertepatan dengan peringatan sewindu Tragedi Trisakti, Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKPP) perkara mantan Presiden Soeharto, yang isinya menghentikan penuntutan dugaan korupsi mantan Presiden Soeharto pada tujuh yayasan yang dipimpinnya dengan alasan kondisi fisik dan mental terdakwa yang tidak layak diajukan ke persidangan. SKPP itu dikeluarkan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Mei 2006, namun SKPP ini lalu dinyatakan tidak sah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 12 Juni 2006 ( Wikisource, 2010 ).

Selama berkibarnya Sistim Politik Reformasi, kehidupan politik berjalan monoton meski telah tiga kali Bangsa Indonesia mengamanatkan empat putra bangsa menjadi Presiden RI, masing – masing adalah BJ Habibi, KH Abdurahman Wakhid, Megawati Soekarnoputri dan SBY. Selama kurun waktu dari Tahun 1977 – 2009, hanya kita temui 5padatnya aksi demo, manuver politik para elit poltik guna mendapatkan dukungan publik, kasus PHK dan dinamka politik lannya yang justru membosankan Rakyat Indonesia.Dinamika politik kembali menggelora di akhir Tahun 2009 mengawali masa jabatan ke – II SBY sebagai Presiden RI hingga kini, lantaran telah terjadinya kemelut bercampur dengan carut- marut pengucuran bailout sebesar 6 ,7 trilyun rupiah kepada Bang Century yang dianggap sebagai bang kolaps yang akan menyipkan pengaruh sistemik perbangkan di Indonesia.

Namu karena pengucuran tersebut tanpa melalui mekanisme yang telah baku. Maka publikpun berteriak dan yang paling banyak mendapat tudingan tersebut adalah Wapres Boediono Menkeu Sri Mulyani.Gegap gempitanya publik dalam mengomentari hal tersebut akhirnya sampai ke telinga Anggota DPR, yang segera membentuk Pansus Bang Century. Hingga kini masalah inipun belum mampu memberi wacana yang terang benderang, yang sebenarnya dibutuhkan publik agar mendapat pencerahan.Akankah kekisruhan tersebut terus akan berdampak menggoyang kursi keprisedenan. Nampaknya memang bakal mengarah ke sana, apalagi dengan dilakukannnya manuver politik dari komunitas elit politik nasional yang gerah dengan penyimpangan dana negara tersebut.

Sayangnya rakyat sementara ini masih menyangsikan manuver tersebut meski dalam kemasan kemanusiawian dalam bentuk apapun, label untuk perjuangan demi pencerahan untuk rakyat akan sia-sia saja, apalagi bagi mereka para petinggi / mantan petinggi nasional yang berkiprah politik.

Seperti even tanggal 1 Pebruari 2010 yang lalu, ketika sebuah Manifesto dibacakan oleh Anies Bawesdan Rektor Universitas Paramadina Jakarta., tentang penataan demokrasi. Tidak tanggung – tanggung lagi manuver politik itu dihadiri oleh Jusuf Kalla, Surya Paloh, Wiranto, Megawati dan Taufik Kiemas, Akbar Tanjung dan masih banyak lagi. Benarkah manuver politik itu mengatas namakan rakyat dan lebih jauh lagi hendak mensejahtarakan rakyat. Yang jelas mereka hanya memiliki niatan untuk meraih kursi kepresiden, saat SBY telah ditinggalkan pendukungnya, karena konspiracy Bang Century.Sementara itu SBY yang memenangkan Pemilu 2009 dengan mendapat perolehan suara 60 %, pada awalnya membentuk koalisis besar, yang disusun dari dukungan koalisi yang terdiri atas Partai Demokrat, PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PPP (Partai Persatuan Pembangunan) , PAN (Partai Amanat Nasional) dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). Koalisi itu juga sudah menguasai mayoritas parlemen karena mereka sudah menguasai 56 persen kursi. Tolal, 314 kursi yang mereka kuasai, dengan rincian kionstituen

Demokrat 148, PKS 59, PAN 42, PPP 39 dan PKB 26 ( lamade@jawapos. co.id ), Saat inipun mulai menapaki babak perpecahan internal dalam koalisi yang dibangunnya. Golkar lebih memilih untuk konsisten dalam memberi pencerahan obyektif kepada Rakyat Indonesia tentang Bang Century demi eksistensi nama besarnya pada Pemilu Tahun 2014 nanti. Sementara PPP mulai menjauhi koalisi akibat kasus Petinggi PPP yang pada KIB I menjabat sebagai Mentri Sosial, yaitu Bachtiar Chamzah yang terjerat kasus korupsi pengadaan sapi dan mesin jahit untuk keluarga pra sejahtera. Dengan demikian kekuatan koalisi akan melemah dan kedudukan SBY pun akan terancam,

Rabu, 09 Februari 2011

Mereka Bersekolah Bila Berlebih Bahan Pangan



Sekolah di daeah kering bagian Barat Data Kenya, dekat dengan Danau Turkana dikenal dengan sekolah yang diikuti peserta didik dari masyarakat yang nomaden, sehingga sekolah mereka tergantung dari persediaan bahan pangan.

Sehingga wajar saja bila jumlah anak peserta didik di SD Lokichare, dekat kota Loswar bertambah sedikit. Karena daerah tersebut mengalami kekeringan.

Peserta didik saat BBC team datang telah menyambut dengan ucapan selamat datang berupa nyanyian local daerah Turkana. Lagu itu berisi syair himbauan untuk mencuci tangan sebelum makan.

Tetapi ironisnya sekolah tersebut tidak memiliki air bersih untuk minum, air yang ada hanya sekedar untuk mencuci tangan mereka.

Palang Merah Kenya telah peduli terhadap lebih dari 2 juta warga dan 20 juta ekor ternak untuk makanan cadangan mereka bila dibutuhkan.

Tindakan Palang Merah Kenya ditindaklanjuti oleh beberapa lembaga kemanusiaan dengan dikoordinasi pemerinyah Kenya, untuk mengupayakan persediaan makanan di wilayah tersebut.Bantuan yang diberikan oleh organisasi itu adalah distribusi makanan hingga ke banyak sekolah, termasuk sekolah di Lokichare. Tetapi anehnya sejak januari tahun 2011 bantuan untuk sekolah tersebut belum juga diterima oleh kepala sekolah.

Meskipun menurut Rose Ogola, humas “UN World Food Programme” menandaskan bahwa bahan pangan sudah dialokasikan ke sekolah tersebut. Sehingga petugas badan dunia tersebut sempat kaget, mengapa bahan pangan yang sudah dialokasikan ke sekolah tersebut belum diterima.

Seperti diketahuio bahwa Lowdar berjarak 700 km dari Nairobi dan memakan waktu 2 hari perjalanan, dengan 300 km jalan dalam keadaan rusak parah. Sudah barang tentu transportasi bahan pangan menemui kendala tehnis.

Jumlah peserta didik pada tahun lalu adalah sebanyak 280 dan kini tinggal 90 peserta didik. Banyak diantara peserta didik yang meninggalkan masyarakatnya, mengikuti orang tuanya untuk berburu makanan dan menetap di Negara tetangga seperti Uganda, Sudan dan Ethiopia.

Terdapat juga penduduk yang berpindah ke pusat perdagangan dengan harapan lebih mudah mendapatkan bahan makanan. Seperti biasanya di bagian Utara Kenya tidak mengalami kekerigan, tetapi dua tahun terakhir ini daerah tersebut mengalami kekeringan yang parah.

Bagi para pemukim baru sebaiknya mereka segera menjual ternak ternaknya sebelum terjadinya kekeringan yang lebih parah dan membelanjakan uang tersebut pada kondisi alam yang lebih baik, daripada membiarkan ternak mereka mati. Guna kepentingan inilah pada tahun 2009 pemerintah Kenya telah menawarkan untuk membeli ternak mereka, tetapi mereka menolak karena mengharapkan datangnya musim hujan.
Mereka lebih memilih menjual ternaknya bila keadaan ternaknya kurus dan mati di tengah perjalanan menuju pembantaian ternak.

Danau Turkana dewasa ini hanya tinggal pasir dan semak akasia, di sekitar danau tersebut hanya terdapat beberapa ternak yang tinggal tulangnya saja. Sementara itu banyak anak muda yang berjalan mencari makanan dan air minum di jalan berdebu yang panasnya telah mencapai 40 C.

Leah Lokala, 27 th tinggal di Kalotum – 15 km ke Utara Lowdar satu satunya warga yang bisa diajak berbicara dan menjelaskan bahwa dia kini hanya memiliki beberapa ekor kuda. Untuk kebutuhan hidup dia dan ternaknya dia harus menggali tanah untuk mendapatkan air minum.

Dn terlihatlah 3 ekor kambing yang terpaksa makan semak yang berduri di sekeliling rumahnya. Kekeringan yang dialami telah membunuh semua sapinya dan kini hanya tinggal 3 kambing tersebut, dan dia harus berjalan 15 km untuk mendapatkan air untuk memberi minum kambingnya.
(BBC News, Pebruari 2011).

Selasa, 08 Februari 2011

Pembelajaran Jarak Jauh di Gunung Es

BBC News

Para orang tua murid di Kota Sun Peaks, British Columbia, mendirikan sekolah berdikari di puncak bukit untuk arena bermain ski, karena mereka harus berjalan selama dua jam ke sekolah yang terdekat. Semikian laporan wartawan . Brandy Yanchyk reports dari Sun Peaks.



Sejak tanggal 19 Swptwmbwe tahun 2010, sebanyak 19 peserta didik dari umur 5 – 10 tahun memanfaatkan puncak bukit di Sun Peaks untuk membuat kelas sekolah sendiri. Tiap pagi mereka menggunakan ski untuk pergi ke sekolah dan kembali setelah matahari hampir tenggelam.

Sekolah yang mereka dirikan diberi nama Discovery Centre, di puncak bukit yang dikelilingi bukit bukit lainnya, Tod Mountain, Sundance Mountain dan Mount Morrisey.

Seperti kita ketahui, bahwa tidak semua guru memiliki kemauan untuk mengajar di puncak bukit untuk ski, karena tidak memiliki ketrampilan untuk bermain ski, apalagi harus mengasuh peserta didiknya dengan sistim ” outdoors” ditengah peserta didik mereka, beserta dengan lingkungannya, kecuali guru yang bernama Jillian Schmalz.

• Di Tengah Alam Pedesaan

Desa yang merke dirikan sekolah hanya dihuni oleh 400 warga tetap , tetapi pada saat musim dingin, daerah tersebut banyak dikunjungi p;eh turis dari Canada, AS, Australia dan Inggris untuk bermain ski.

Tetapi tahun kemarin orang tua murid menjadi kalang kabut gara gara sekolah yang terdekat telah ditutup, sehingga mereka harus bersekoah pada jarak yang lebih jauh lagi. Untuk menempuh sekolah yang baru tersebut mereka harus berjalan selama 2 jam.
Sekolah pada Desa British Columbuia tersebut, biasanya akan bertambah menurun jumlah siswanya dari tahun ke tahun, demikian pernyatan Walikota Sun Pwaks, Al Raine.. Mereka biasanya menghentikan sekolah anaknya dan bekerjasama dengan komunitas lainnya untuk membangun sekolah yang lebih besar lagi.

• Lingkungan Yang Indah

Para orang tua bersama sama membentuk komunitas pendidikan Sun Peaks dan keudian pada bulan Juni 2010 mereka bersama sama mendirikan sekolah untuk belajar anak anaknya. Hal ini bukan meruapak kendala bagi anak anak mereka yang telah akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Menurut Ketua Masyarakat Pendidikan Sun Peak (Sun Peaks Education Society ), Maria Cannon tujuan masyarakat mendirikan sekolah tersebut, adalah agar anak anak bisa bergaul dengan masyarakat sekitar bisa belajar dari lingkungan pegunungan yang menakjubkan.

Dengan dukungan masyarakat sekitar, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar 75,000 Canadian dollars (US$75,860) dari masyarakat setempat dan pengusaha .
Dengan dana sebesar itu, mereka merehab satu kelas untuk sekolah di District 73 dengan program utama belajar “ distance learning programme “. Tetapi tetap mengacu pada kurikulum “ British Columbia curriculum” , yang dirancang untuk anak anak untuk terlibat dengan model pembelajaran yang cocok untuk anak anak serta mandiri, Orang tua di rumah dihimbau untuk membimbing pembelajaran mandiri dan diharapkan orang tua mampu menelibatkan guru pengasuh.

Untuk peserta didik yang lebih tua mereka diberi saran belajar lewat computer untuk berkomunikasi dengan guru gurunya.

Program ini diterapkan untuk membelajari kemandirian dan kebebasan mereka salam belajar. Menurut salah seorang guru mereka yaitu Mrs Seafoot, program belajar jarak jauh “ distance education” melalui computer bermanfaat untuk membekalai peserta didik untuk masa depan mereka sebagai penduduk desa.
Dengan belajar jarak jauh “The online curriculum” menuntut peran orang tua salam pembelajaran di rumah, untuk membantu putranya menyelesaikan PR yan relative banyak (BBC News, Pebruari, 2011).

Minggu, 06 Februari 2011

Rencana 4 Hari Sekolah per Minggu

Sumber BBC News, 6 Pebruari, 2011

Anggota Parlemen Ayrshire Utara telah mempertimbangkan usia sekolah dasar dimulai pada usia 6 tahun, pada tahun pembelajaran sekarang.

Disamping usia peserta didik tersebut, juga dipertimbangkan adanya 4 hari sekolah dalam 1 minggu untuk sekolah dasar dan menengah.

Penentuan 4 hari sekolah tersebut bertujuan untuk menghemat biaya pendidikan, bila diterapkan 4 hari. Mereka bakal mampu menghemat 2 juta Poundsterling.
.
Parlemen menyetujui penghematan anggaran pendidikan pada tahun pembelajaran 2011 – 12 sebesar 8.9 juta Poundsterling. Sedangkan anggaran yang disetujui secara tyotal hingga 2014 adalah sebesar 38 juta Poundsterling.

Sedangkan serikat buruh telah menyetujui usia awal pendidikan dasar 6 tahun berlaku untuk tahun depan.

Carol Kirk, Ketua Dewan Pendidikan mengatakan bahwa perubahan sistim pendidikan ini haruslah digodog terlebih dahulu oleh pakar pakar pendidikan, meski sistim tersebut telah diterapkan di beberapa Negara Eropa. Juga mencakup jam pembelajaran sebanyak 25 jam per minggu.

-Sajak Tentang Guru

Bagai angin, tiada pernah kami tahu…kemana kau lelap di sarangmu
Bahkan tiada kami tahu,….. dari mana kau mulai menghitung hari
Hanya saat kau mendulang rajutan mutumanikam
Lantas kau tak segan mulai mewarna hari……
Hingga titian hari, tak lagi kelihatan samar
Bersama dengan tawar senyum dan pedulimu
Yang kau kedepankan …untuk sebuah pagi hari
Dari segenap anak bangsa, yang telah kau hantar
Menuju yang kau siapkan dalam tiap nafas di jantung
Untuk kau buatkan sebuah lagu hati.
Lantas kau tautkan dengan beberapa penjuru langit

Selalu kau senyum…tiap kau jinjing pagi hari
Serasa tiada lagi alam yang menyeloroh dengan bencananya
Lantaran selalu kau usung……..
Dengan usapan tangan yang tulus,
Tiap anakmu hanay mampu menebar sembilu dalam hidupnya
Kau beri sejuta angin berwajah bunga warna warni….
Hingga mataharipun lupa akan peraduanya
Di ufuk timur, meski telah jingga peraduannya di belahan barat

Lagu rindumu mampu mengikatkan kebenaran
Dalam tiap tetesan embun
Jangan ada lagi langkah penjuru langit, yang berhitam awan
Kitapun mampu menyongsong jaman di tangan kiri
Lantaran tangan kanan kita selalu menyertamu
Selamat Pagi Guru

Selamat pagi pula, kala kau semaikan sebuah darma bakti
Kala semua hari, tiada pernah berwajah sejuk
Lantas kau jadikan semuanya menjadi rajutan pelangi
Yang kau tanami dengan aneka harap namun…..
Dari balik cakrawala terus saja menikam hingga ulu hatimu
Sebuah nyanyian jiwa tentang hati yang telanjang
Demi sebuah hari esok yang terang.

Akulah guru….
Sesekali suara itu menembus tebing alam
Saat nyanyi burung bergema melegakan nafas kita
Kitapun tetap berada di tengah mahardika Negara kita

Semarang, 7 Pebruari 2011 (Pondok Sastra HASTI Semarang)