day time day time day time day time
2004 20 06:49 21 00:57 22 16:30 21 12:42
2005 20 12:33 21 06:46 22 22:23 21 18:35
2006 20 18:26 21 12:26 23 04:03 22 00:22
2007 21 00:07 21 18:06 23 09:51 22 06:08
2008 20 05:48 20 23:59 22 15:44 21 12:04
2009 20 11:44 21 05:45 22 21:18 21 17:47
2010 20 17:32 21 11:28 23 03:09 21 23:38
2011 20 23:21 21 17:16 23 09:04 22 05:30
2012 20 05:14 20 23:09 22 14:49 21 11:12
2013 20 11:02 21 05:04 22 20:44 21 17:11
2014 20 16:57 21 10:51 23 02:29 21 23:03
2015 20 22:45 21 16:38 23 08:20 22 04:48
2016 20 04:30 20 22:34 22 14:21 21 10:44
2017 20 10:28 21 04:24 22 20:02 21 16:2
Equinox yang terjadi pada bumi berlangsung 2 kali setahun, tepatnya saat sumbu Bumi berinklinasi terhadap matahari, baik menjauhi ataupun mendekati matahari. Sedangkan peredaran semu matahari tepat di equator.
Fenomena equinox dapat digunakan untuk penanggalan pasang surut air rob.
Equinox berasal dari Bahasa Latin : aequus (sama) dan nox (malam), sebab bila posisi bumi dalam keadaan equinox, panjang malam dan siang akan sama. Hal ini bisa kita pahami bahwa latitudes (bola langit) +L dan -L , Utara dan Selatan sama panjangnya.
.
Pada posisi equinox, matahari berada di salah satu titik bola langit (celestial sphere), titik itu berujung di cakrawala dan yang saling berlawanan. Lengkungan equator (celestial equator) saat itu tegak lurus dengan ecliptic. Pada saat inilah terjadi deklinasi 0. Pada posisi equinox ini posisi matahari pada lengkungan equator bisa berada tepat di atas kepala kita, terkjadi khusus pada Tgl 21/22 Maret dan 22/23 September tiap tahun.
Satu hari tepat pada equinox. Matahari sepenuhnya berada di atas kepala kita dan panjang malam serta siang sama.
Secara umum lama satu hari disefinisikan sebagai perioda saat sinar matahari mencapa permukaan bumi Bila kita amati dari bumi, matahari terlihat seperti piring bukan terlihat seperti seberkas cahaya. Pada keadaan ini berarti bola matahari berada di horizon, sehingga masih berada dalam batas pandang kita. Dengan demikian semua berkas sinar mampu mencapai horizon dan dibiakan oleh atmosfer.
Pada saat equinox, panjang hari antara siang dan malam relative sama, yaitu masing masing sepanjang 12 jam. Kondisi demikian disebut dengan equilux. Disebabkan waktu matahari terbit dan tenggelam sangat bervariasi tergantung lokasi di bumi, maka equilux juga bergantung pada posisi di bumi, dan tidak pernah terjadi di lokasi yang jauh dari equator.
Selain itu pergiliran musim yang terjai di bumi, bergantung dari rotasi bumi terhadap sumbunya yang berada di orbit bumi. Sumbu bumi ini membuat sudut 23.44° terhadap orbit bumi sendiri. Kemiringan ini disebut dengan sudut axial tilt. Sebagau konsekuensinya setiap setengah setahun sekali (dari March 20 hingga September 22), belahan bumi Utara condong mendekat ke matahari. Jarak dengan matahari mencapai maksimal pada June 21, sementara itu belahan bumi Selatan mulai mendekat pada setengah tahun berikutnya, dan mencapai puncaknya pada December 21. Sementara itu bila matahari berada di atas equator maka kutub Utara dan Selatan berada pada posisi berimbang
Minggu, 20 Februari 2011
Sabtu, 19 Februari 2011
Pembelajaran Tanpa Kata Kata
Sejumlah kata kata, seperti "koob" atau "zort" dan lain sebagainya, adalah kata yang diprogramkan otoritas pendidikan Inggris untuk diajarkan pada anak usia 6 tahun.
Gagasan ini adalah sebuah upaya pengkritisan dari sejumlah pustakawan Inggris, untuk mencegah anak anak di Negara Inggtis yang sedang aktif belajar membaca. Komunitas pustakawan (The UK Literacy Association) menjelaskan program tersebut ditujukan agar anak anak mengerti arti kata kata yang sulit.
Menanggapi masalah tersebut kementrian pendidikan setempat memberi kebijakan pada upaya pengenalan makna tertentu tanpa pengucapan kata, tetapi dengan pengenalan kata (phonics). Pembelajaran dengan membaca ini, tentunya akan membiasakan anak anak mengucapkan kata kata tertentu daripada menulis.
Metoda Non-words (dengan gambar) ini tentunya akan menyertakan anak anak pada ruang memorinya untuk menyimpan kata kata tersebut. Untuk itu kemetrian pendidikan setempat mencanangkan evaluasi pada anak anak untuk mengenal 40 obyeks yang bervariasi dalam kata atau non kata (gambar). Evaluasi tersebut dilakukan hanya dalam waktu 10 menit.
Menurut President UK Literacy Association David Reedy penerapan metode “non – word “ bertujuan agar anak mampu merespon aktif apa yang mereka baca atau lihat. Dalam hal ini pembelajaran pun perlu duteruskan dengan evaluasi berkelanjutan. Setiap evaluasi hanya berlangsung selama 10 menit, untuk mengenalkan 40 obyek kepada anak. Evaluasi yang dilakukan otoritas tersebut, bertujuan untuk mengontrol variasi variable, seperti “makna kata” yang tidak menghalangi anak anak belajar membaca.
Dalam test tersebut sekaligus pembelajaran kepada anak anak untuk menguasai kata dengan metode “phonic”.
Dengan pembelajaran model ini banyak kata kata yang kita kuasai lantaran menerapkan metoda melihat dan mengucapkan, demikian juga dengan anak anak kita yang mengenal kata 'the' and 'once'. Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris bukan bahasa yang besifat phonically seperti Bahasa Jerman dan Perancis.
Oleh karena itu anak anak sebaiknya memperoleh informasi pendukung sebelum dikenalkan kata itu. Dan disinilah essensi belajar membaca pada anak anak tanpa metoda “kata kata”.(BBC News, 2011).
Langganan:
Postingan (Atom)